Gelar Konferensi Internasional KRA XI 2024, Untag Surabaya Hadirkan Pembicara dari Enam Negara

Rabu 24-07-2024,15:35 WIB
Reporter : Alif Bintang
Editor : Fatkhul Aziz

SURABAYA, MEMORANDUM - Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya bersama Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik berhasil menyelenggarakan International Conference KRA XI 2024.

Acara yang diadakan di Gedung Wiyata Untag Surabaya ini mengusung tema The Role of Accounting in Transforming the World Towards Sustainable Development with 5P (People, Planet, Prosperity, Peace, Partnership): Spirit of Patriotism.

Yang menarik, konferensi yang diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai negara ini menghadirkan pembicara kompeten yang berasa dari 6 negara. Di antaranya yakni, pembicara dari Amerika Serikat, Malaysia, Australia, Brunei Darussalam, Jepang, dan Indonesia.

Dalam sambutannya, Rektor Untag Surabaya Prof Dr Mulyanto Nugroho mengatakan bahwa adanya seminar ini menjadi wadah bagi akademisi, praktisi, peneliti, dan mahasiswa untuk berbagi pengetahuan terkini dan gagasan inovatif di masa mendatang.

BACA JUGA:Untag Surabaya Ciptakan Tren Perhatikan Gizi Mahasiswa Baru

"Dalam konferensi ini, para peserta tidak hanya mendapatkan wawasan baru tentang peran akuntansi dalam pembangunan berkelanjutan, tetapi juga belajar tentang praktik terbaik dalam kolaborasi internasional," kata Prof Nugroho, Rabu, 24 Juli 2024.

Selain itu, kata dia, para peserta juga diajak untuk berinovasi dalam penelitian akuntansi, serta pentingnya memahami integrasi kerangka kerja 5P dalam setiap aspek pengelolaan bisnis untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

"Dengan semangat patriotisme, diharapkan para akuntan dapat terus berkontribusi secara signifikan dalam menciptakan masa depan yang lebih baik bagi semua," pesan Prof Nugroho.

Sementara itu, Ketua Ikatan Akuntan Indonesia KAPd Prof Dr Dian Agustia menekankan pentingnya kontribusi akademisi dan profesional dalam pengembangan penelitian akuntansi.

BACA JUGA:Sambut Mahasiswa Baru, Untag Surabaya Tekankan Teknologi untuk Budi Pekerti

Karena itu, menurutnya aspek akuntansi berkelanjutan, termasuk kerangka kerja 5P dan penelitian masa depan dalam rantai pasok berkelanjutan penting untuk terus dipelajari.

Seminar yang berlangsung selama dua hari ini melibatkan banyak pihak. Pada panel seminar pertama yang bertajuk Panel Seminar with Reviewers at High Quality Journals menghadirkan narasumber internasional seperti Prof Dr Noorlailie Soewarno (Universitas Airlangga), Prof Dr Zalailah Salleh (Universiti Malaysia Terengganu), dan Prof John Nowland (Illinois State University, US).

Lalu panel seminar kedua mengusung tema “The Role of Accounting in Transforming The World Towards Sustainable Development with 5P: Spirit of Patriotism. Narasumber seperti Prof Dr H Slamet Riyadi (Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya), Prof Ferry (Edith Cowan University Australia), dan Shaista Wasiuzzaman (Universiti Teknologi Brunei) dihadirkan.

Kemudian ada pula Agusman selaku anggota Dewan Komisioner OJK Agusman, Miyu Uehara (Kanda University International Studies Jepang), dan Muhammad Safdar (mahasiswa S-3 Universitas Airlangga dari Pakistan) turut memberikan pemaparan.

BACA JUGA:Miliki Mahasiswa Terbanyak Kedua di Jatim, Ini 9 Kelebihan Untag Surabaya

Kategori :