Polsek Arosbaya Sambangi MPLS Siswa TK Siti Khodijah

Selasa 23-07-2024,09:20 WIB
Reporter : Biro Madura
Editor : Fatkhul Aziz

BANGKALAN, MEMORANDUM - Amanah Kapolres  AKBP Febri Isman Jaya agar 17 polsek jajaran di wilayah hukum Polres Bangkalan aktif mensosialisasikan program polisi sahabat anak melalui giat Goes to School, rutin ditindak lanjuti Polsek Arosbaya.

Kapolek Arosbaya Iptu Sys Ratna Eko Purnomo mengamanatkan tugas personel polsek berkunjung ke lembaga pendidikan setingkat  PAUD, TK dan SD yang tersebar di 18 desa.

Bhabinkamtibmas Polsek Bripka Bambang dan Briptu Yunusmenjalankan tugas giat goes to school polsek ke TK MNU Siti Khodijah di Desa Arosbaya. 

“Anggota kami tugaskan untuk memantau kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) bagi siswa baru yang diterapkan TK MNU Siti Khodijah,” kata Iptu Sys Eko, sapaan akrab kapolsek, Senin  22 Juli 2024.

BACA JUGA:Stop Bullying di Sekolah, Polsek Arosbaya Gelar Sosialisasi di Hadapan Siswa SMP Al-Muhtajin

Bhabinkamtimas Bripka Bambang dan Briptu Yunus, menerapkan sosialisasi program Polisi Sahabat Anak. Targetnya, agar komunitas bocil yang baru diterima menjadi siswa baru di TK MNU Siti Khidijah secara dini. Mulai mengenal dan memahami siapa pak polisi, serta apa peran, fungsi dan tugas pak polisi sebagai memegang amanah pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.  

Amanah ini ditindak lanjuti dengan lugas oleh duet Bripka Bambang dan Briptu Yunus. Keduanya diajari dan diajak nyanyi bareng lagu anak-anak  spesifik bocil.

”Melalui kegiatan MPLS ini, kami ajak adek-adek cilik keliling lingkungan sekolah, sambil memperkenalkan fasiltas permainan yang bisa tekuni selama bersekolah di TK Siti Khadijah,” jelas Bripka Bambang. 

Sesekali, kepada komunitas bocil siswa TK, mulai diperkenalkan rambu-rambu lalu-lintas di jalan raya, seperti manfaat traffic light dengan lampu merah, kuning dan lampu hijaunya, serta manfaat garis zebra cross dan rambu sederhana lainnya.

BACA JUGA:Police Goes to School, Polsek Arosbaya Edukasi Siswa TK Ibnu Nasir

“ Nasehat dan arahan agar adek-adek siswa baru TK tidak boleh bermain di luar lingkungan sekolah, serta harus nunggu jemputan mama atau papa saat pulang sekolah, termasuk materi yang kami sosialisasikan,” timpal Briptu Yunus. 

 Begitu pula,  melalui bahasa sederhana yang mudah dicerna dan dipahami anak-anak, juga dijelaskan bahwa Pak Polisi adalah figur sahabat anak-anak yang sabar dan ramah, punya tugas untuk menjaga ketertiban dan keamanan.

“Alhamdulillah, adek-adek bocil siswa baru sudah bisa akrab dengan  Pak Polisi. Kasek dan para guru TK Siti Khodijah, juga  amat well come dan mendukung program Goes to School yang dikembangkan Polsek Arosbaya,” pungkas Bripka Bambang. (ras/day)

Kategori :