Hampir 8 Tahun Jeda, Pemdes Nguter Pasirian Kembail Gelar Sadekah Desa, Tampilkan Adu Kekuatan Ojung

Kamis 18-07-2024,15:39 WIB
Reporter : Biro Lumajang
Editor : Fatkhul Aziz

LUMAJANG, MEMORANDUM - Sadekah desa memperingati Tahun Baru Islam 1446 H, Pemerintah Desa Nguter, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang Jawa Timur menggelar Sampyong (Ojung) di Lapangan Desa setempat, Kamis 18 Juli 2024.

Ojung adalah kesenian tradisional adu kekuatan satu lawan satu, dan ini sudah dibudayakan sebagai Tradisi Ritual Ruwat Desa, salah satunya di Desa Nguter.

Ritual Ojung adalah seni budaya merupakan warisan dari leluhur kita dan dilestarikan sebagai Ruwat Desa oleh Masyarakat Nguter dan juga dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah.

Pj. Kepala Desa Nguter, Endra Dian, ketika dikonfirmasi awak media disela kegiatannya menyampaikan, bahwa Ritual Ruwat Desa tersebut atas permintaan Masyarakat.

BACA JUGA:Rangkaian Perayaan Suro, Pemdes Tambahrejo Lumajang Gelar Ritual Ojung, Lestarikan Budaya Agar Tidak Punah

"Jadi ada beberapa rangkaian acara, yang pertama ada inisiatif dari warga yakni, arak - arakan tumpeng, terus dilanjut Ujung, dan Tandak Bendo. Dan untuk malam harinya dilanjutkan pagelaran wayang kulit," paparnya.

Endra Dian berharap, dengan adanya ruwatan desa tersebut hama tikus yang menyerang di desanya bisa berhenti, karena saat ini di desa yang ia pimpin, para petani nya sedang gagal panen. 

"Setelah ruwatan ini, semoga masyarakat nguter dijauhkan dari bala musibah, diberi keselamatan agar bisa hidup makmur, hidup sejahtera, dan hasil panen melimpah ruah, "harap Endra Dian.

Sementara itu di tempat yang sama sekertaris desa ( Sekdes ) Nguter, Miswanto, mengucapkan syukur Alhamdulillah, dimana di hari yang cerah ini bisa berkumpul di lapangan nguter dalam acara selamatan desa, dengan menggelar sampyong (Ojung).

BACA JUGA:Antisipasi Penyebaran Covid-19, Polsek Sukorejo Bubarkan Tradisi Tarung Ojungan

Hampir delapan tahun kegiatan ini tidak terlaksana, dan di hari ini Alhamdulillah kembali bisa terlaksana. "Terimakasih kepada masyarakat nguter atas dukungannya. Sehingga kegiatan sedekah desa ini bisa terselenggara. Untuk sedekah desa di tahun ini pihak pemdes desa Nguter tidak menarik iuran untuk sedekah ini," ucapnya.

Mudahan mudahan dengan niat yang baik ini, bisa menjadikan desa Nguter aman, orangnya selamat, dan tanamannya selamat, sehingga panennya akan melimpah.

Dan Miswanto, mengucapkan selamat datang kepada semua peserta Ojung, dan apapun yang terjadi, pihaknya meminta agar kegiatan berjalan dengan lancar dan aman, serta kondusif.

Adapun Rangkaian kegiatan sadekah desa Nguter, kecamatan Pasirian, kabupaten Lumajang yakni, pertandingan Ojung, olah raga menekankan adu kekuatan. Konon dikenal dengan ritual minta hujan, Tandak Bendo, Arak Arak Tumpeng dan Pagelaran wayang kulit.(Ags)

Kategori :