Pj Wali Kota Malang Raih Penghargaan Pembina Koperasi Andalan

Minggu 14-07-2024,06:02 WIB
Reporter : Biro Malang Raya
Editor : Muhammad Ridho

JAKARTA, MEMORANDUM - Pj Wali Kota Malang Dr Ir Wahyu Hidayat MM menerima penghargaan Pembina Koperasi Andalan dari Dewan Koperasi Indonesia (DEKOPIN) yang didukung oleh Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop-UKM).

Penghargaan ini diberikan atas komitmen Pj Wali Kota Malang yang dinilai telah berkontribusi dalam membina dan mengembangkan koperasi. Pengharagan ini diterima langsung oleh Wahyu HIdayat dalam momen Puncak Peringatan Hari Koperasi Indonesia ke-77 di Smesco Convention Hall, Jakarta, Jumat 12 Juli 2024.

Wahyu menyampaikan penghargaan ini tidak terlepas dari kerja sama semua pihak atas dukungan yang telah diberikan dalam pengembangan koperasi di Kota Malang.

“Ini menjadi motivasi untuk makin mendorong koperasi khususnya di Kota Malang untuk makin berdaya dan berkontribusi dalam membangun ekonomi rakyat” terang Wahyu.

BACA JUGA:Pemkot Malang Raih Terbaik 1 Pengendalian Inflasi Daerah, Pj Wali Kota Terima Penghargaan

BACA JUGA:Kado Manis HUT-110 Kota Malang, 2 BUMD Borong 7 Penghargaan Top BUMD Award 2024

Beberapa program yang menjadi wujud komitmen Pj Wali Kota Malang terkait dengan upaya mendorong koperasi makin adaptif dan modern, diantaranya pembinaan dan pendampingan Pemkot melalui Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag).

Selanjutnya, sebagai bagian dalam penguatan sektor digitalisasi sehingga koperasi semakin adaptif dan modern digelar pendidikan dan pelatihan koperasi khususnya optimalisasi e-commerce. 

Selain itu juga Workshop Perkoperasian bagi Masyarakat Milenial sebagai upaya mengenalkan koperasi kepada generasi milenial. Peningkatan profesionalitas koperasi khususnya dalam mencapai sertifikasi hingga ketertiban pengelolaan melalui pelaksanaan rapat anggota tahunan (RAT) juga terus dikuatkan.

“Keterlibatan koperasi juga menjadi hal yang penting dan stategis untuk menopang peningkatan UMKM di Kota Malang. Seperti bantuan peminjaman dana untuk modal bagi para pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya. Serta dalam perkembangannya koperasi diharapkan juga dapat menjadi wadah untuk memasarkan produk-produk lokal,” terangnya.

BACA JUGA:Wujudkan Layanan Publik Berkualitas kepada Kelompok Rentan, Imigrasi Malang Raih Penghargaan

BACA JUGA:Gelar Dialog ‘Ngangkut’, Pj Wali Kota Wahyu akan Sulap Terminal Madyopuro Jadi Terminal Wisata

Ini sejalan dengan yang dikatakan oleh Menteri Koperasi dan UKM (MenKop-UKM) Teten Masduki yang dikutip dari Siaran Pers Kemenkop-UKM di momen perayaan 77 Tahun Hari Koperasi dengan tema

“Koperasi Sebagai Ekosistem untuk Konsolidasi, Akselerasi dan Eskalasi Ekonomi Mikro dan Kecil” ini. 

Teten Masduki menyampaikan bahwa dalam perjalanan panjang koperasi di Indonesia, koperasi telah menunjukkan peran penting dalam membangun ekonomi rakyat. koperasi telah menjadi bagian ekosistem usaha rakyat agar dapat bertumbuh dari Usaha Mikro ke Usaha kecil; Usaha Kecil ke Usaha Menengah; dan terhubung ke dalam rantai pasok industri nasional.

Tags :
Kategori :

Terkait