Rebut Trofi Khofifah Indar Parawansa, Ibu-Ibu Muslimat NU di Jombang Ikuti Lomba Memasak

Sabtu 22-06-2024,15:22 WIB
Reporter : Biro Mojo
Editor : Muhammad Ridho

JOMBANG, MEMORANDUM - PP Muslimat NU bersama PC Muslimat Jombang menggelar Masak Sekampung Jawa Timuran memperebutkan trofi Khofifah Indar Parawansa, di Balai Desa Sukorejo, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang. 

Sebanyak 25 peserta dari ibu-ibu Muslinat dan Fatayat Perak tampak antusias mengikuti jalannya lomba masak dengan bahan dasar mie. Berbagai kreasi makanan dan minuman disajikan dengan bentuk yang berbeda-beda. 

Dalan penilaian, selain rasa masakan, juga cara penyajian, kebersihan tempat dan alat menasak. Di Kabupaten Jombang, yang terpilih untuk mengikuti lomba memasak hanya empat kecamatan (PAC Muslimat). Yakni Kecamatan Perak, Mojoagung, Gudo, dan Mojowarno. 

BACA JUGA:Hadiri Wisuda Unipdu, Ini Pesan Khofifah kepada Mahasiswa

Ketua PC Muslimat Jombang, Mundjidah Wahab menuturkan, bahwa ini program dari Khofifah Indar Parawansa, Lomba Memasak Muslimat NU dengan tema 'Membangun Ketahanan Keluarga untuk Menguatkan Ketahanan Indonesia'. 

"Jadi ini trofi Ibu Khofifah. Dan dari kita (PC Muslimat) juga sudah mempersiapkan hadiah untuk para pemenang," tuturnya, Sabtu 22 Juni 2024.

Lomba memasak ini, Mundjidah menjelaskan, merupakan rangkaian menyongsong Harlah Muslimat NU ke-78. Selain lomba menasak, juga ada kegiatan lomba yang lainnya. Yaitu lomba qosidah rebana, senam muslimat dan jalan sehat.

"Kami ingin semua Ibu Muslimat sehat, dimulai dengan makanan dalam rumah yang sehat, juga senam biar sehat, qosidah biar gembira sambil syiar Islam dan pasar murah," jelasnya. 

BACA JUGA:ANBK Gelombang Pertama Jenjang SD Telah Dilaksanakan, Begini Evaluasi Kadisdikbud Jombang

Mundjidah memaparkan, lomba memasak ini bertujuan agar masyarakat mendapat ilmu memasak yang berkualitas, baik cara memasak maupun penyajian. Dan ini bisa untuk meningkatkan gizi masyarakat Jawa Timur. Selain itu, juga mensuport Khififah Indar Parawansa untuk maju pilgub periode ke dua. 

"Disamping itu,dari lomba memasak ini diharapkan bisa meningkatkan usaha-usaha atau UMKM yang digerakkan muslimat, dapat berkembang dengan baik," paoarnya. 

Untuk lomba qosidah sendiri, Mundjidah membeberkan, bahwa hari ini dimulai di empat kecamatan. Yakni Kecamatan Tembelang, Mojoagung, Peterongan, dan Kecamatan Wonosalam. Untuk besoknya, ada pengajian rutin sekaligus harlah di Kecamatan Kabuh dan Megaluh. 

"Untuk puncak harlah di tingkat kabupaten nanti, akan dihadiri oleh Ketua PP Muslimat NU Ibu Khofifah Indar Parawansa," pungkasnya. (yus) 

Kategori :