Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F Zona Asia Indonesia vs Filipina, Wajib Menang

Senin 10-06-2024,19:20 WIB
Reporter : Farid Al Jufri
Editor : Ferry Ardi Setiawan

JAKARTA, MEMORANDUM - Indonesia akan menghadapi Filipina di  partai penentuan,  Selasa 11 Juni 2024 besok untuk lolos atau tidaknya ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Indonesia wajib memenangkan pertandingan demi bisa lolos ke babak selanjutnya.

Timnas asuhan Pelatih Shin Tae-yong akan menjamu pasukan Tom Saintfied di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta, Selasa 11 Juni 2024 pukul 19.30 WIB.

BACA JUGA:Naik Bus Suroboyo, Kini Lokasi Penukaran Sampah Plastik di Surabaya dan Sidoarjo Diperluas 

Saat ini, Indonesia menempati posisi 2 di Grup F dengan raihan 7 poin. Hanya unggul 1 poin atas Vietnam di posisi 3. Timnas wajib mendapatkan 3 poin untuk bisa memastikan diri lolos ke ronde ketiga Piala Dunia 2026 sekaligus memastikan diri lolos di ajang Piala Asia 2027.

Apabila gagal menang, Indonesia terancam disalip The Golden Star (julukan Vietnam) apabila berhasil mengalahkan tuan rumah Irak dihari dan jam yang sama.

BACA JUGA:Masuk sebagai Pemain Pengganti, Messi Amankan Kemenangan Argentina atas Ekuador 

Menghadapi Filipina yang secara head to head timnas unggul, yakni dari 25 pertemuan 20 berhasil dimenangi Indonesia, 4 berujung seri, dan sekali kalah, namun timnas tetap kewaspadaan kekuatan Filipina. Apalagi pada pertemuan terakhir, Asnawi dkk hampir saja menelan kekalahan usai bermain imbang 1-1 pada November lalu di Manila.

Pelatih Shin Tae-yong pada konferensi pers di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin 10 Juni 2024, memastikan dia tetap mempersiapkan timnya dengan baik, meski secara kualitas Filipina berada di bawah Indonesia.

BACA JUGA:Pengukuhan dan Penyerahan SK Perpanjangan Masa Jabatan Kades 2 Tahun di Lumajang akan Dilaksakan Bulan ini 

STY optimistis dengan kemampuan tim asuhannya, tetapi sama sekali tidak mau meremehkan sang lawan.

“Seperti semua orang tahu, tidak ada tempat lagi untuk kita mundur. Tidak boleh juga kita mundur," kata pelatih asal Korea Selatan itu.

“Tim Filipina walaupun gagal lolos pastinya akan berjuang keras juga lawan Indonesia. Sama juga kita akan bekerja semaksimal mungkin agar kita bisa memberikan kemenangan kepada para fans,” imbuhnya.

BACA JUGA:Demi Tidak Bapuk di Copa America, Scaloni Cadangkan Messi di Friendly Match 

Pelatih 53 tahun itu membeberkan nahwa kondisi Marselino Ferdinan dkk dalam kondisi yang oke. Dia juga menyampaikan jika sejatinya Timnas Indonesia tampil apik saat melawan Irak, meski kalah 0-2.

“Untuk pemain sama saja seperti biasa, mereka mempersiapkan diri dengan baik, memang yang namanya laga bisa menang bisa kalah. Lawan Irak ranking kita beda jauh, 134 ke 58,” ujarnya.

BACA JUGA:Pemanasan Jelang Euro dan Copa America, Mbappe Gagal Cetak Gol Prancis Ditahan Kanada 

“Tapi kita tetap bisa memberikan yang terbaik. Dari segi kemampuan tidak beda jauh dan saya yakin ke depannya tim akan terus meningkat. Jadi, saya mohon dukungannya,” tutupnya. (*)

Kategori :