Petugas Haji Indonesia Siaga Jelang Kedatangan Jemaah ke Tanah Suci

Petugas Haji Indonesia Siaga Jelang Kedatangan Jemaah ke Tanah Suci

Bagi para jemaah haji dan umrah, menghadapi cuaca panas di Makkah dapat menjadi tantangan tersendiri.--Unsplash

MEMORANDUM - Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Hilman Latief menyampaikan petugas haji Indonesia sudah bersiaga jelang kedatangan jemaah ke tanah suci.

"Jelang kedatangan jemaah, semua petugas dari Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, TNI Polri dan mitra lain sudah berada di tanah suci khususnya Madinah, dan Bandara," ungkap Dirjen PHU Hilman Latief di Madinah, dikutip dari Kemenag, Minggu 12 Mei 2024.

BACA JUGA:PPIH Embarkasi Surabaya Pastikan Kelancaran Keberangkatan Jemaah Haji dengan Layanan Fast Track Mecca

Dikatakan Hilman, semua petugas sudah berada di posko masing-masing, mulai dari bandara, Markaziah di Madinah dan sekitar Masjidil Haram.

"Mereka siap menyambut kedatangan jemaah," imbuhnya.

Ia menambahkan, seluruh petugas saat ini telah diminta untuk melakukan mitigasi terhadap kemungkinan hambatan dalam penerimaan jemaah.

"Untuk itu kami berharap semua petugas lakukan persiapan dengan matang. Hal-hal teknis harus disiapkan dengan mitigasi semua kemungkinan persoalan yang akan muncul," harap Hilman.

BACA JUGA:Jemaah Haji Gelombang I Terbang ke Arab Saudi Mulai 12 Mei 2024, Catat Ini Jadwal Perjalanannya

Dirjen juga meminta semua persoalan dikomunikasikan, baik dengan petugas Arab Saudi maupun dengan petugas yang ada di Embarkasi.

"Jangan sampai tidak sinkron antara petugas di sini dengan yang ada di Tanah Air, sehinga ketika terjadi perubahan jadwal penerbangan atau kebijakan lain, kita tidak tau. Hal-hal teknis ini yang harus dikawal," tukas Hilman.

"Mitigasi ini harus dilakukan terhadap makanan atau konsumsi, penginapan dan ibadah. Kira-kira mana yang akan berpengaruh terhadap proses penyelenggaraan ibadah haji," tegas Hilman.

BACA JUGA:Kebijakan Baru Haji Plus Dibahas Dalam Diskusi Forum Problematika Evaluasi PPIU dan PIHK di Surabaya

Dirjen berharap semua proses penyambutan jemaah haji berjalan sesuai harapan.

"Kita ingin menyambut dengan baik gelombang awal jemaah haji kita dan mudah-mudahan berjalan lancar," pungkasnya.

Sumber: