Banyak yang Kecewa Livery Ferrari Bernuansa Biru Klasik di GP Miami 2024

Banyak yang Kecewa Livery Ferrari Bernuansa Biru Klasik di GP Miami 2024

Ferrari ingin menunjukkan kepada publik bahwa merah bukan satu-satunya warna yang identik dengan mereka. Biru memiliki sejarah panjang di Ferrari--x

MEMORANDUM - Merah adalah identitas Ferrari yang lekat, terutama dengan deretan mobil sport dan mobil balap mereka. Warna ini sudah menjadi DNA di dalam brand legendaris ini.

Enzo Ferrari pernah berkata, "Jika kita menyuruh seorang anak kecil untuk menggambar mobil Ferrari, dia pasti memberinya warna merah."

Merah itu dinamakan sebagai Roso Corsa, yaitu merah yang melambangkan sebuah simbol kecepatan dan perwakilan dari negeri Italia di ajang-ajang balap internasional.

Namun, Ferrari tidak selalu merah. Hal ini ingin mereka tunjukkan kepada tifosi lewat livery spesial yang ditampilkan pada F1 GP Miami akhir pekan lalu.

Ferrari di Miami mengeluarkan sebuah livery spesial untuk memperingati 70 tahun sejak mereka pertama kali masuk ke pasar di benua Amerika.

Sekaligus untuk menyambut sponsor utama barunya, yaitu perusahaan teknologi raksasa asal negeri Paman Sam, Hewlett Packard (HP). Tifosi sempat bersemangat ketika Ferrari mengumumkan akan memakai livery spesial di Miami.

BACA JUGA:Kelemahan Tersembunyi Ferrari, Apa Saja yang Kurang dari SF-24 Musim Ini?

BACA JUGA:Tidak Pernah Juara! Ferrari Bisa Belajar dari Kebangkitan Ducati di MotoGP

Apalagi dengan baju balapnya yang dirilis duluan, memberikan harapan jika livery spesialnya nanti akan full warna biru.

Bahkan, beberapa orang berharap liverynya akan mengadopsi corak warna dari mobil Ferrari edisi biru yang pernah dipakai oleh John Surtees dan Lorenzo Bandini pada tahun 1964.

Sayangnya, harapan mereka tidak terpenuhi. Livery spesial tersebut hanya memiliki aksen biru di sayap depan dan belakang, menggantikan warna kuning yang biasanya ada di sana.

Banyak yang kecewa dengan livery ini, terutama karena desainnya yang terkesan dipaksakan dan warna biru yang tidak menonjol. Meskipun demikian, livery ini memiliki makna historis yang kuat.

Ferrari ingin menunjukkan kepada publik bahwa merah bukan satu-satunya warna yang identik dengan mereka. Biru memiliki sejarah panjang di Ferrari, diwakili oleh dua warna biru ikonik: Azuro Laplata dan Azuro Dino.

BACA JUGA:Cinta Mati Charles Leclerc di Ferrari

Azuro Laplata adalah warna biru muda cerah yang identik dengan tim nasional sepak bola Italia dan pernah dipakai sebagai warna baju balap Ferrari di era 60-an dan 70-an.

Warna ini juga pernah digunakan pada mobil Ferrari, seperti pada tahun 1964 ketika John Surtees dan Lorenzo Bandini meraih kemenangan di GP Amerika. Azuro Dino adalah warna biru muda yang lebih gelap dan melambangkan kegagahan Ferrari.

Warna ini dipakai pada seragam mekanik Ferrari di era 60-an dan 70-an, dan juga pernah digunakan pada mobil Ferrari, seperti pada tahun 1964 ketika John Surtees dan Lorenzo Bandini memakai mobil berwarna biru gelap dan perak di dua seri penutup F1 di Amerika. (mg20)

Sumber: