8 Cara Menghilangkan Pikiran untuk Self Harm

8 Cara Menghilangkan Pikiran untuk Self Harm

Menyakiti diri sendiri (self harm) adalah perilaku yang dapat memiliki konsekuensi serius dan berbahaya. --Unsplash

SURABAYA, MEMORANDUM - Menyakiti diri sendiri atau self harm adalah perilaku yang berbahaya dan dapat memiliki konsekuensi serius. Jika Anda berjuang melawan pikiran untuk menyakiti diri sendiri, penting untuk mencari bantuan dan dukungan.

Berikut adalah 8 cara yang dapat membantu Anda menghilangkan pikiran untuk self harm:

1. Hubungi Orang Terpercaya

Bicaralah dengan orang yang Anda percayai tentang apa yang Anda rasakan. Ini bisa berupa teman, anggota keluarga, terapis, atau konselor.

Berbicara tentang pikiran dan perasaan Anda dapat membantu Anda merasa lebih baik dan mendapatkan dukungan yang Anda butuhkan.

2. Jauhi Pemicu

Jika ada hal-hal tertentu yang memicu pikiran untuk self harm, cobalah untuk menghindarinya sebisa mungkin. Ini mungkin termasuk orang, tempat, atau aktivitas tertentu.

BACA JUGA:Tangkal Self Harm, Anak-anak Harus Didampingi ketika Ada Masalah

3. Temukan Cara Sehat untuk Mengatasi Emosi

Ada banyak cara sehat untuk mengatasi emosi yang sulit, seperti olahraga, jurnal, atau mendengarkan musik. Temukan apa yang berhasil untuk Anda dan lakukanlah secara teratur.

4. Ingatkan Diri Anda Tentang Alasan untuk Sembuh

Buatlah daftar alasan mengapa Anda ingin sembuh dari self harm. Ini dapat membantu Anda tetap termotivasi ketika masa-masa sulit.

5. Berlatih Perawatan Diri

Pastikan Anda cukup tidur, makan makanan sehat, dan berolahraga secara teratur. Merawat diri sendiri dapat membantu meningkatkan mood dan mengurangi stres.

Sumber: