Selamatan Buka Giling, PG Rejo Agung Baru Madiun Gelar Khitanan Massal

Selamatan Buka Giling, PG Rejo Agung Baru Madiun Gelar Khitanan Massal

GM PG Rejo Agung Baru, Immam Nur Salamet meninjau khitanan massal dalam rangka Selamatan Giling 2024 yang diselenggarakan di Gedung Balai Pertemuan PG Rejo Agung Baru, Sabtu (4/5). --

MADIUN, MEMORANDUM - Dalam rangka selamatan jelang buka giling tahun 2024, Pabrik Gula (PG) Rejo Agung Baru Madiun mengadakan khitanan massal di Gedung Balai Pertemuan PG Rejo Agung Baru, Sabtu 4 Mei 2024.

Acara ini sebagai bentuk kepedulian PG kepada masyarakat yang berada diwilayah kerja pabrik, seperti, Kabupaten Magetan, Ngawi, Kota/Kabupaten Madiun.

“Selain kemarin ada bakti sosial, kita juga adakan khitanan massal untuk keluarga yang berada di wilayah kerja pabrik,” ujar General Manager (GM) PG Rejo Agung Baru, Immam Nur Salamet.

BACA JUGA:HUT Ke-76 Bhayangkara, Polres Madiun Khitan 103 Anak

Dalam khitanan massal tahun ini, PG menargetkan 80 anak yang di khitanan. Namun, ketika kegiatan tersebut digelar hanya ada 74 anak yang menjadi peserta. Lantaran, mendekati jadwal Ujian Akhir Semester (UAS) dan sekolah masih belum libur. 

“Kita ada 11 petugas medis dari RS dr. Soedono yang membantu proses khitanan massal, dan disediakan 10 bilik kamar sebagai tempat khitanannya,” ungkap Immam.

Untuk pencarian peserta khitanan, ia menjelaskan, dari pihak PG Rejo Agung Baru menurunkan beberapa personil di kelurahan dan kecamatan yang masuk dalam wilayah kerja PG Rejo Agung Baru. Dengan bantuan petugas kecamatan dan kelurahan, pihak PG mencari dan mendaftarkan anak-anak yang bersedia ikut khitanan massal.

“Kita tidak ada paksaan, bagi yang mau dan memenuhi kriteria yaitu minimal usia 10 tahun akan kami daftarkan,” jelasnya.

BACA JUGA:Jelang Buka Giling, PG Rejo Agung Baru Madiun Bagikan Ratusan Paket Sembako

Dengan beberapa rangkaian kegiatan yang telah diselenggarakan, Immam berharap pada giling tahun 2024 ini kinerja PG Rejo Agung Baru bisa lebih baik dari sebelumnya. Sehingga, target giling dapat tercapai. Pun, dengan suksesnya giling, kedepan bakti sosial kepada masyarakat bisa ditingkatkan.

“Mudah-mudahan tahun depan peserta khitanan massal bisa bertambah banyak. Selain itu, jumlah paket sembako juga bisa diperbanyak,” harapnya.

BACA JUGA:Audiensi dengan Wali Kota Madiun, PGI Sepakat Dukung Pembangunan

Terpisah, salah satu warga Kelurahan Patihan, Edi yang juga merupakan ayah dari anak yang menjadi peserta khitanan massal mengaku, dengan rutinnya kegiatan sosial yang diadakan setiap tahun, ia sangat senang sekali dan cukup membantu masyarakat. Pun, Edi berharap, agar PG Rejo Agung Baru bisa tambah sukses dan lancar kedepannya.

“Dari masyarakat, terimakasih banyak atas diselenggarakan khitanan massal ini. Karena, cukup membantu masyarakat yang ingin meng-khitankan anaknya,” pungkasnya. (aji/mas)

Sumber: