KPU Kota Batu Tetapkan Perolehan Kursi DPRD Kota Batu Pemilu 2024

KPU Kota Batu Tetapkan Perolehan Kursi DPRD Kota Batu Pemilu 2024

KPU Kota Batu menggelar rapat pleno. -Biro Malang Raya-

BATU, MEMORANDUM - KPU Kota Batu sudah melakukan rapat pleno terbuka penghitungan dan penetapan perolehan kursi anggota DPRD Kota Batu Pemilu 2024, Kamis, 2 Mei 2024.

Hasil rapat pleno menetapkan persebaran kursi legislatif. dari empat dapil yang ada di Kota Batu. PKB dan PDI-P masing-masing mendapatkan enam kursi legislatif. Disusul PKS dengan lima kursi, Gerindra empat kursi, Golkar empat kursi, NasDem dan PAN dua kursi, serta Demokrat satu kursi.

BACA JUGA: Sungguh Terlalu! Dua Tahun Pria asal Cerme, Gresik Cabuli Dua Anak Tiri

"Alhamdulillah tidak ada koreksi baik dari partai politik maupun dari Bawaslu. Alhamdulillah lancar," kata Ketua KPU Kota Batu Heru Joko Purwanto.

Menurutnya, ada tiga partai yang masuk tiga besar perolehan suara. Yaitu  PKB, PDI Perjuangan, dan PKS.

PKB berhasil menggusur dominasi perolehan suara PDI Perjuangan dalam pemilihan legislatif di Kota Batu dalam Pemilu 2024. PKB berhasil meraup 27.170 suara. Disusul PDI Perjuangan sebanyak 24.900 suara dan PKS sebanyak 18.689 suara.

"Pelantikan ini merupakan kewenangan provinsi jadi kita akan menyerahkan hasil ini kepada KPU provinsi. Namun yang melantik nanti adalah pemerintah provinsi," ujar Ketua KPU Kota Batu.

BACA JUGA:Ketua KPU Kabupaten Blitar: Anggota DPRD Terpilih Maju Pilkada Wajib Mundur

Hasilnya, tujuh kursi Dapil 1 (Desa Sumberejo, Sidomulyo, Pesanggrahan, Kelurahan Ngaglik, Songgokerto) adalah Nurochman (PKB), Didik Machmud (Golkar), Hasan Abdillah (PKB),  Ganisa Pratiwi Rumpoko (PDI-P), Katarina Diana (PAN), Adi Sayoga (PKS), Arta Wijaya (Gerindra).

Tujuh kursi Dapil 2 (Kelurahan Sisir, Temas dan Desa Oro-oro Ombo) adalah M Didik Subiyanto (PKB), Dewi Kartika (PKB), Bambang Prahmono (Gerindra), Susanti Leverika (Golkar), Saifudin (PKS), Punjul Santoso (PDI-P), M Farhan Alkatiri (Nasdem). 

BACA JUGA:Gus Mudhlor Kembali Mangkir, KPK Tak Segan Menindak Pihak yang Menghalangi Proses Penyidikan

Sedangkan Dapil 3 (Kecamatan Bumiaji) adalah Hely Suyanto (Gerindra), Amirah Ghaida (PDI-P), Khamim Thohari (PDI-P), Nur Ali (PKB), Nurudin Muhammad (PKS), Wildan Bimantoro (Demokrat), H Rudi (PAN), Sudjono Djonet (NasDem), Ilyas (Golkar). 

Tujuh kursi Dapil 4 (Kecamatan Junrejo) adalah Ludi Tanarto (PKS), Sampurno (PDI-P), Agung Sugiyono (Gerindra), Kukuk Kusbianto (PDI-P), Sudiono (PKB), Bambang Sumarto (Golkar), Budi Riyanto (PKS). (*)

Sumber: