Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Mempelajari Apa Saja? Ini Penjelasannya

Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Mempelajari Apa Saja? Ini Penjelasannya

bahasa dan sastra--

SURABAYA, MEMORANDUM - Banyak orang kurang paham apa saja yang dipelajari oleh mahasiswa bahasa dan sastra Indonesia yang tidak akan terjun sebagai guru. Mereka beranggapan bahasa Indonesia adalah hal yang mudah, lantas apa yang perlu dipelajari lagi? Namun, realitanya banyak orang yang masih salah dalam menggunakan bahasa Indonesia.

Mari membuka pandangan tentang jurusan bahasa dan sastra Indonesia dengan menunjukkan beberapa hal yang dipelajari dalam jurusan ini:

1. Bagaimana kata/kalimat itu dibentuk

Percayalah, tidak jarang orang berpikir 'bagaimana kata A bisa terbentuk?" Melalui jurusan bahasa dan sastra Indonesia kalian akan bertemu beberapa mata kuliah yang mengkaji tentang munculnya sebuah kata/kalimat. 

Seperti mata kuliah fonologi, sintaksis, morfologi, dan semantik. Jangan anggap remeh mata kuliah tersebut, karena jika tidak memahaminya dengan benar, kalian tidak akan mengerti.

BACA JUGA:Tips Memilih Jurusan Kuliah, Menemukan Arah yang Tepat Menuju Masa Depan

2. Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar

Jangan dipikir sebagai mahasiswa bahasa dan sastra Indonesia tidak pernah salah dalam penulisannya, maka dari itu dengan terjun ke jurusan ini akan membuka pandangan tentang yang benar dan yang salah dalam penulisan Bahasa Indonesia.

Setelah mengetahui penulisan yang benar, diharapkan mahasiswa jurusan ini bisa mengaplikasikannya dan menyebarluaskannya.

3. Melatih penulisan yang baik

Selain dalam segi ejaan, mahasiswa bahasa dan sastra Indonesia mempelajari tentang penulisan yang baik dari segi isi, baik fiksi maupun non fiksi. Output mahasiswa jurusan ini beragam, yang terpenting adalah kemampuan penulisannya disukai dan diminati banyak orang.

4. Memproduksi suatu film pendek

Siapa bilang jurusan yang bisa membuat film hanya jurusan ilmu komunikasi? mahasiswa jurusan bahasa dan sastra Indonesia juga memprogram mata kuliah 'ekranisasi' yang merupakan pengalihan karya sastra menjadi bidang karya sastra berupa film.

Dari adanya mata kuliah ini, mahasiswa jurusan ini akan mengerti bagaimana proses dari sebuah film dari awal hingga akhir. 

Sumber: