Seberapa Sulitkah Mengendarai Mobil Formula one ?

Seberapa Sulitkah Mengendarai Mobil Formula one ?

Mengendarai mobil Formula One mungkin terlihat mudah bagi para pembalap terbaik dunia yang melakukannya dengan penuh gaya dan presisi.--Unsplash

MEMORANDUM - Mengendarai mobil Formula One mungkin terlihat mudah bagi para pembalap terbaik dunia yang melakukannya dengan penuh gaya dan presisi.

Namun, kenyataannya adalah mobil Formula One modern sangatlah sulit dikendarai oleh orang biasa, tentunya kita akan kesulitan mengendalikannya.

Jika Anda tidak percaya seberapa sulitnya, Anda bisa untuk coba memainkan game F1 23 atau F1 24 dengan semua assist dimatikan.

Kemungkinan besar mobil Anda akan terus berputar dan ban Anda akan kehilangan cengkeraman rem pada saat di sirkuit.

Memang, itu hanya game, terutama jika dimainkan dengan controller. Tapi, jika Anda menggunakan steering wheel, khususnya merk Fanatec, Anda akan mendapatkan pengalaman semi-simulator dengan kemiripan hingga 60%. Menambahkan motion rig akan meningkatkan kemiripannya lagi.

Namun, simulator tidak akan pernah bisa 100% mirip dengan kenyataan. Bahkan, mencapai 70-80% saja sudah sulit untuk memainkanya, nah jadi sudah bisa di bayangkan betapa sulitnya mengemudikan mobil di Formula one.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Inilah 10 Duel Perebutan Gelar Juara Dunia F1 Paling Dramatis dan Penuh Kontroversi

BACA JUGA:Peraturan F1 2024 Apa Saja yang Berubah?

Meski begitu, bagi orang biasa seperti kita, bermain simulator sudah cukup untuk merasakan sensasi mengendarai mobil F1.

Ada beberapa alasan mengapa pembalap Formula One terlihat mudah mengendarai mobil F1
yang pertama jelas dari kemampuan fisik pembalap Formula One yang sangat ramping dan telah berlatih keras selama bertahun-tahun untuk mengembangkan kekuatan, stamina, dan refleks yang dibutuhkan untuk mengendalikan mobil F1.

Pengalaman Pembalap Formula One juga telah menghabiskan banyak waktu untuk menyempurnakan teknik mengemudi mereka dan belajar bagaimana memaksimalkan performa mobil. Kecepatan Mobil Formula One dapat mencapai kecepatan lebih dari 300 km/jam.

Bukan hanya di lintasan lurus, tetapi juga di tikungan. Hal ini membutuhkan presisi dan kontrol yang tinggi dari pembalap.

Yang terakhir adalah Teknologi Mobil Formula One yang dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih yang membantu pembalap mengendalikan mobil, seperti power steering dan sistem pengereman elektronik.

Mobil Formula One memiliki sistem pengereman yang sangat kuat yang dapat menghasilkan deselerasi yang luar biasa. Pembalap harus memiliki kontrol kaki yang presisi untuk menghindari spin atau overshoot.

Jadi itulah fakta seberapa sulit mengendarai mobil formula one dengan kecepatan yang sangat tinggi itu.

Tentu jika kita sebagai penonton formula one sepatutnya mendukung pemabalap kalian tanpa mengejek pemabalap lainya , perngalaman bertahun tahun yang mereka lalui yang seharusnya kita dukung untuk menjadi fans formula sejati. (mg20)

Sumber: