Kalah 2-0 atas Uzbekistan, Indonesia Gagal Melaju ke Final

Kalah 2-0 atas Uzbekistan, Indonesia Gagal Melaju ke Final

-Istimewa-

DOHA, MEMORANDUM - Timnas Indonesia U-23 harus mengakui keunggulan Uzbekistan U23 dengan skor 2-0. Bermain di Abdullah bin Khalifa Stadium, Indonesia kalah segalanya atas Uzbekistan yang bermain dangat bagus di pertandingan tersebut. 

Dua gol Uzbekistan dicetak oleh Khuisain Norchaev menit ke-68 dan gol bunuh diri Pratama Arhan menit ke-86. 

BACA JUGA:Semifinal Piala Asia U-23 2024, Indonesia Tahan Uzbekistan 0-0 di Babak Pertama

Di babak kedua, Uzbekistan tetap menguasai jalannya pertandingan. Indonesia terus digempur dan masih kesulitan mengembangkan permainan. 

Beberapa peluang dihasilkan para pemain Uzbekistan, namun upaya tersebut masih bisa dibendung pertahanan kuat Timnas. 

BACA JUGA:Eddy Supriyanto Pj Wali Kota Madiun, Adhy Karyono: Mewanti Tak Melakukan Perubahan Kebijakan dan Kepegawaian

Pada menit ke-59, Jasurbek Jaloliddinov hampir saja mencetak gol. Mendapatkan ruang tembak, Jaloliddinov melakukan tendangan keras yang masih tipis di sisi kiri gawang Ernando Ari. 

Menit ke-61 Indonesia berhasil mencetak gol. Berawal dari umpan silang Pratam Arhan di sisi kiri terjadi kemelut dan berhasil dimanfaatkan Muhammad Ferrari. Namun sayang gol tersebut dianulir wasit usai melihat VAR. Ramadhan Sananta berada di posisi offside.

Pada menit ke-68, Uzbekistan justru berhasil mencetak gol. Berawal dari umpan Khamraliev di sisi kanan, Khuisain Norchaev berhasil melakukan tendnagan voli yang tak mampu diamankan Ernando Ari. Skor berubah 1-0 untuk Uzbekistan. 

Indonesia harus bermain dengan 10 orang pemain usai sang kapten Risky Ridho mendapatkan kartu merah pada menit ke-84 usai dianggap melalukan pelanggaran keras. 

Dua menit berselang, Indonesia kembali kebobolan usai Pratama Arhan membuat gol bunuh diri. 

Bermain dengan 10 orang pemain membuat Indonesia kesulitan untuk menyerang. Uzbekistan yang sudah unggul bermain lebih menunggu dan mampu mempertahankan keunggulan 2-0.

Dengan hasil ini membuat Indonesia gagal melaju ke final dan masih menunggu lawan antara Jepang vs Iraq dalam perebutan juara 3 dan 4. (*)

Sumber: