Buka Kejuaraan Karate Piala Gubernur, Pj Adhy Karyono: Ajang Krusial Tingkatkan Skill dan Prestasi Atlet

Buka Kejuaraan Karate Piala Gubernur, Pj Adhy Karyono: Ajang Krusial Tingkatkan Skill dan Prestasi Atlet

Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono hadir dalam pembukaan kejuaraan karate di GOR Unesa.--

SURABAYA, MEMORANDUM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono membuka Piala Gubernur untuk Open dan Festival Karate Tournament Championship 2024 di GOR UNESA Lidah Wetan Surabaya, Sabtu, 27 April 2024.

Secara khusus Pj Gubernur Adhy menyampaikan apresiasinya pada kompetisi yang diikuti oleh 2.016 peserta dari 42 kontingen se-Jawa-Bali ini. Sebab menurutnya, ajang ini sangat krusial khususnya untuk peningkatan skill dan prestasi atlet. 

"Turnamen-Turnamen dan kejuaraan ini bisa meningkatkan kualitas dan prestasi atlet. Untuk bisa menjadi pembinaan profesional, maka perlu banyak sekali Turnamen yang bertingkat, berjenjang, dan berkelanjutan mulai dari anak-anak sampai ke profesional," katanya. 

BACA JUGA:Pj Gubernur Adhy Pastikan Komitmen Pemprov Jatim Dukung Ekonomi Hijau

Apa yang dikatakan Pj Gubernur Adhy tersebut, sejalan dengan pelaksanaan Piala Gubernur Karate ini. Di mana, peserta berasal dari jenjang umur 8-9 tahun serta kelas senior yang berusia 21 tahun ke atas. 

"Ini merupakan kesempatan bagi atlet pemula maupun atlet yang profesional untuk bisa mengukur kemampuan dan prestasinya. Karena calon-calon atau bibit unggul yang kita temukan akan diterjunkan ke turnamen-turnamen lainnya untuk perkembangan olahraga di Jawa Timur," katanya. 

Piala Gubernur Karate ini dilaksanakan sejak 26-28 April 2024. Di mana, kategori Open diikuti oleh 105 kelas atlet dan 52 kelas peserta baru untuk kategori Festival. 

Nantinya, dalam ajang ini akan diberikan predikat Best of the Best yang terdiri dari 5 putra dan 5 putri dengan total hadiah Rp 1 juta per orang beserta tropi. 

BACA JUGA:Pj Gubernur Jatim Resmi Buka LKS SMK Tingkat Provinsi Jatim di Kota Madiun

Sedangkan juara umum berasal dari kontingen dengan jumlah medali terbanyak dengan hadiah berupa tropi piala tetap, piala bergilir, serta uang pembinaan Rp 20 juta.

Khusus turnamen ini, untuk pertama kalinya diadakan oleh Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (GAPENSI) Surabaya. Sehingga Pj Gubernur Adhy berharap, GAPENSI bisa tetap bermitra dengan pemerintah. 

"Ini menunjukkan bahwa pembinaan olahraga itu tidak hanya menunggu dilaksanakan oleh pemerintah atau KONI saja, tapi juga perlu banyak pendukung dari mitra untuk melaksanakannya. Maka dari itu, saya ucapkan terima kasih," katanya. 

Selain membuka Piala Gubernur untuk Karate, Pj Gubernur Adhy juga menyempatkan diri meninjau pelaksanaan Piala Gubernur cabor panahan. Pertandingan ini sendiri dilakukan di Lapangan Jatim Seger, KONI Jawa Timur. 

BACA JUGA:Buka LKS SMK XXXIII Provinsi Jatim 2024, Pj Gubernur Optimistis Jadi Modal Pertahankan Juara Umum Nasional

Terdapat 5 kelas dalam pertandingan ini, yakni Standard Bow, Barebow, Recurve, Compound, dan Paralon. Diadakan sejak 24 hingga 28 April 2024, juara umum memperebutkan Piala Gubernur Jawa Timur 2024.

Sumber: