Pj Wali Kota Wahyu Kenalkan MCC, Menkop Teten Respon Positif

Pj Wali Kota Wahyu Kenalkan MCC, Menkop Teten Respon Positif

Menkop Teten Masduki didampingi Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat mengunjungi MCC dan berdialog dengan pelaku ekonomi kreatif.--

MALANG, MEMORANDUM - Pj Wali Kota Malang Dr Ir Wahyu Hidayat MM mengenalkan keberadaan Gedung Malang Creative Center (MCC) kepada Menteri Koperasi dan UKM Drs Teten Masduki, saat melakukan kunjungan kerja di Kota Malang, Jumat 26 April 2024.

Bersamaan, Pj Wali Kota Wahyu dengan Menkop Teten berinteraksi dengan para pelaku ekonomi kreatif yang sedang berkativitas di Gedung MCC.

BACA JUGA:Resmikan Gedung Baru Puskesmas Cisadea, Pj Wali Kota Malang Wujudkan Peningkatan Pelayanan Kesehatan

Pj Wali Kota Wahyu menyampaikan kepada Menkop Teten bahwa berbagai komunitas terlibat aktif dalam membangun kemajuan ekonomi  kreatif di Kota Malang melalui sinergi para pelaku UMKM,  industri kreatif, maupun Pemkot Malang yang terwadahi di dalam MCC.

Sinergi dan kolaborasi inipun menuai respon positif dari Menkop Teten. “Pak Menteri tadi apresiasi bahwa terkait ekonomi kreatif yang ada di Kota Malang, termasuk di MCC itu sangat baik sekali, kolaborasinya. Kemudian selama ini bagaimana kita berkolaborasi dengan komunitas anak-anak muda itu tepat sekali,” kata Pj Wali Kota Wahyu.

Sebagai informasi, momen Pj Wali Kota Wahyu mengajak Menkop Teten berkeliling MCC merupakan rangkaian dari ajang nasional Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (PLUT KUMKM) Summit 2024 oleh Kementerian Koperasi dan UKM pada 25-30 April 2024 di MCC.

BACA JUGA:Jaga Kebugaran, Pj Wali Kota Wahyu Terbitkan Surat Edaran STMJ

Gelaran ini melibatkan ratusan komunitas Koperasi dan UMKM dari berbagai daerah untuk mengikuti rangkaian acara seperti creative tour, conference, workshop, jenama lokal Mbois, maupun community gathering.

“Dan disampaikan juga ini akan dilaporkan beliau ke Presiden bahwa ekonomi kreatif ada di Kota Malang. Agar pada saat ke Kota Malang, Pak Presiden bisa melihat secara langsung perkembangan ekonomi kreatif termasuk kegiatan-kegiatan di MCC ini,” ucap Pj Wahyu Hidayat.

Selain memfasilitasi para pelaku industri kreatif lewat kehadiran MCC, Pj Wali Kota Wahyu juga menyampaikan program unggulan Kemis Mbois kepada Menkop Teten sebagai bentuk perhatian Pemkot Malang kepada pelaku UMKM lokal. Program ini mewajibkan jajaran Pemkot Malang untuk mengenakan produk UMKM lokal pada setiap hari Kamis.

“Kota Malang berkomitmen mengembangkan jaringan kerjasama bagi koperasi dan UMKM di Kota Malang. Serta menguatkan kembali peran mereka untuk pertumbuhan ekonomi. Seperti program Kemis Mbois ini yang kami gagas untuk dapat mendorong UMKM lokal terus berkembang,” urai Pj Wali Kota Wahyu.

BACA JUGA:Siapkan 5 Ton Beras SPHP, Pj Wali Kota Malang Pantau Operasi Pasar

Sejalan dengan itu, Menkop Teten memberikan tanggapan positif atas keberhasilan MCC. Apresiasi terus disampaikan kepada Pj Wali Kota Wahyu, menyebut Pemkot Malang patut menjadi contoh dalam menguatkan kolaborasi dengan komunitas ekonomi kreatif, melalui MCC, yang dapat melahirkan ekonomi baru.

“MCC sebagai sebuah hub atau inkubator anak-anak muda, dan saya hanya temukan di Kota Malang. Kami sengaja buat acara PLUT Summit di MCC ini agar mereka belajar mengembangkan PLUT menjadi tempat bagi anak-anak muda melakukan inovasi produknya, inovasi bisnisnya seperti di sini. Jadi ini salah satu contoh yang bagus kita harapkan ditiru daerah-daerah lain,” kata Menteri Teten.

Sumber: