Satlantas Polres Jember Pastikan Jalur Gumitir yang Sempat Ditutup Sudah Dibuka, Aman dan Lancar

Satlantas Polres Jember Pastikan Jalur Gumitir yang Sempat Ditutup Sudah Dibuka, Aman dan Lancar

Satlantas Polres Jember memastikan jalur Gumitir yang sempat ditutup karena adanya retakan.--

JEMBER, MEMORANDUM-Satlantas Polres JEMBER memastikan jalur Gumitir yang sempat ditutup karena adanya retakan dan amblesan pada jalan, kini telah dibuka kembali dan aman untuk dilintasi. Jalur ini merupakan jalur penghubung utama antara Jawa dan Bali di kawasan Gunung Gumitir, Kecamatan Silo, JEMBER.

Penutupan jalur ini dilakukan pada hari Kamis (25/4/2024) pagi hari, akibat hujan deras yang mengakibatkan retakan dan amblesan pada jalan di beberapa titik sepanjang 100 meter di KM 36.800. Petugas Balai Pelaksana Jalan Nasional Provinsi Jawa Timur (BPJN Jatim) segera turun ke lokasi dengan mengerahkan 5 unit alat berat untuk melakukan perbaikan.

BACA JUGA:Sidang Paripurna DPRD Jember, Bupati Hendy Terima Kritikan Konstruktif

Perbaikan dilakukan dengan cara mengeruk kembali aspal yang mengalami retakan dan dilanjutkan dengan penebalan aspal jalan. Petugas juga memperhatikan tingkat kemiringan jalan agar aman dan kuat untuk dilewati kendaraan bermuatan berat. Selain itu, saluran air di sisi jalan juga diperbaiki agar air hujan tidak mengikis tanah dan menyebabkan genangan.

BACA JUGA:Sirambo Kolaborasi Yang Konfrensif Digelar di Tempat Wisata Alam Air Terjun 7 Bidadari

Kasatlantas Polres Jember, AKP Achmad Fahmi, mengatakan bahwa meskipun kondisi jalan telah normal, namun pengendara tetap harus berhati-hati saat melintas, terutama saat hujan deras karena dikhawatirkan terjadi longsor dan jalan menjadi licin.

"Pembukaan kembali jalur Gumitir ini disambut baik oleh para pengguna jalan, terutama para pengendara kendaraan bermuatan berat yang sebelumnya terpaksa harus melalui jalur lain yang lebih jauh," kata Kasatlantas Polres Jember, AKP Achmad Fahmi. 

Ardian, salah satu pengendara sepeda motor, mengaku sempat khawatir saat mengetahui adanya retakan dan amblesan di jalur Gumitir. Ia berharap agar perbaikan jalan ini dilakukan secara permanen agar tidak terjadi lagi di kemudian hari. (edy)

Sumber: