Ingin Berbicara Lancar Tapi Belibet? Ini 8 Cara Mengatasinya

Ingin Berbicara Lancar Tapi Belibet? Ini 8 Cara Mengatasinya

Cara mengatasi belibet saat berbicara atau yang sering disebut gagap.--Unsplash

SURABAYA, MEMORANDUM - Berbicara belibet, atau yang sering disebut gagap, adalah suatu kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan Berbicara dengan lancar dan terputus-putus. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kecemasan, stres, kelelahan, atau trauma.

Meskipun berbicara belibet dapat membuat frustasi dan memalukan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Berikut adalah 8 cara yang dapat dicoba:

1. Tarik Nafas Dalam-dalam

Saat Anda merasa gugup atau cemas, pernapasan Anda menjadi cepat dan dangkal. 

Hal ini dapat memperburuk gagap. Oleh karena itu, penting untuk menarik nafas dalam-dalam sebelum dan saat berbicara.

2. Berbicara Perlahan

Berbicara dengan cepat dapat membuat Anda lebih mudah belibet. Cobalah untuk berbicara dengan perlahan dan jelas. Berikan jeda sejenak antara kalimat dan atur nafas.

BACA JUGA:6 Tips Melatih Public Speaking Agar Tidak Gugup Saat di Depan Audiens

3. Fokus Pada Apa yang Ingin Anda Katakan

Jangan terlalu fokus pada ketakutan Anda. Alih-alih, fokuslah pada apa yang ingin Anda katakan dan bagaimana Anda ingin menyampaikannya. Sampaikan dengan percaya diri.

4. Gunakan Kata Pengisi

Kata pengisi/penambahan seperti "um", "uh", atau "eh" dapat membantu Anda mengisi jeda saat Anda belibet. Namun, hindari menggunakan kata pengisi terlalu banyak karena dapat membuat Anda terdengar tidak profesional.

5. Berlatih Berbicara di Depan Cermin

Berlatih berbicara di depan cermin dapat membantu Anda terbiasa dengan suara Anda sendiri dan meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Sumber: