8 Penyebab Seseorang Suka Ngemil di Malam Hari

8 Penyebab Seseorang Suka Ngemil di Malam Hari

Penyebab Seseorang Suka makan cemilan di Malam Hari--pinterest

SURABAYA, MEMORANDUM - Ngemil di malam hari merupakan kebiasaan yang umum dilakukan banyak orang. Meskipun terlihat sepele, kebiasaan ini dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan jika dilakukan secara berlebihan.

Berikut adalah 8 penyebab seseorang suka ngemil di malam hari:

1. Rasa Lapar

Penyebab paling umum seseorang ngemil di malam hari adalah karena merasa lapar. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti melewatkan makan malam, makan malam yang tidak mengenyangkan, atau melakukan aktivitas fisik di malam hari.

2. Kebiasaan

Ngemil di malam hari bisa menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan. Hal ini bisa disebabkan karena terbiasa menonton televisi atau film sambil ngemil, atau karena merasa bosan dan tidak ada kegiatan lain.

BACA JUGA:Hobi Bapak-Bapak, Dari Ngemil Kacang Sampai Otak-Atik Kendaraan

3. Stres

Saat stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang dapat meningkatkan nafsu makan. Hal ini membuat seseorang lebih mudah merasa lapar dan ingin ngemil, terutama makanan yang manis dan berlemak.

4. Kurang Tidur

Kurang tidur dapat mengganggu hormon yang mengatur nafsu makan, yaitu leptin dan ghrelin. Leptin adalah hormon yang memberi sinyal kenyang, sedangkan ghrelin adalah hormon yang memberi sinyal lapar. 

Kurang tidur dapat menurunkan kadar leptin dan meningkatkan kadar ghrelin, sehingga membuat seseorang lebih mudah merasa lapar dan ingin ngemil.

5. Depresi

Depresi dapat menyebabkan perubahan nafsu makan, termasuk keinginan untuk ngemil di malam hari. 

Sumber: