Mengapa Laki - Laki Takut Menikah?

Mengapa Laki - Laki Takut Menikah?

Mengapa Laki - Laki Takut Menikah?--Freepik

MEMORANDUM - Pernikahan adalah hal yang paling diimpikan setiap pasangan, karena hal tersebut adalah langkah yang menenentukan keseriusan hubungan yang telah dijalani.

Namun terkadang antara laki laki dan perempuan mempunyai pandangan berbeda mengenai Pernikahan, bagi perempuan menikah adalah hal yang diimpikan seakan itu adalah pencapaian terbaik yang bisa diraih semasa hidup.

Apalagi jika didorong oleh faktor umur dan lingkungan yang selalu ditanya kapan untuk menikah, tentunya itu adalah hal yang menyebalkan yang harus dialami perempuan.

Oleh sebab itu perempuan segera ingin melaksanakan pernikahan agar tak dipandang kasihan atau negatif dari lingkungan sekitar.

Akan tetapi bagi laki laki bisa berpikir sebaliknya, banyak dari laki laki menganggap pernikahan akan menakutkan karena semua kebiasaannya sebelum menikah akan hilang dan merasa dirinya sudah tidak mempunyai kebebasan lagi.

Bukan hanya itu bagi laki laki berpikir dalam hal pernikahan adalah keputusan yang berat karena dia tidak akan membawa dirinya sendiri lagi, selain itu ada berbagai alasan mengapa laki laki takut untuk menikah yaitu:

1.    takut Kehilangan Kebebasan
Bagi laki laki kebebasan adalah hal yang paling menyenangkan untuk dimiliki, mereka tidak perlu takut ada orang yang menentang kebiasan mereka dan kesukaan yang mereka miliki.

Untuk itu jika dihadapkan pada pernikahan, banyak laki laki yang akan berpikir bahwa kebebasan yang mereka miliki akan langsung terenggut karena ada pasangan yang harus ditemani dan menentang jika itu tidak baik untuk dia.

2.    takut Kehilangan Waktu Untuk Dirinya Sendiri
Setiap laki laki pasti selalu menginginkan ruang untuk menikmati waktu untuk menyendiri, hal itu dilakukan bukan semata merenung memikirkan kesedihan, akan tetapi menjadi kegiatan untuk mengembalikan energi yang terkuras selama seharian bekerja dan beraktivitas yang lain.

Pada saat menikah laki laki takut bahwa kebiasaan ini akan terganggu karena perempuan yang selalu ingin bersama dan kurangnya pengetahuan bahwa laki laki mempunyai caranya sendiri untuk mengembalikan energi.

3.    Mempunyai trauma
Terkadang yang membuat laki laki kesulitan untuk berkomitmen adalah mempunyai trauma masa lalu yang belum bisa disembuhkan.

BACA JUGA:Menikah di Tengah Kuliah, Memang Boleh? Inilah 5 Hal yang Diperbolehkan dalam Perkuliahan

BACA JUGA:Stigma Menikah di Usia 25 Tahun: Mitos yang Sudah Usang

Mereka takut untuk kembali menaruh hati karena takut kesalahan yang sama akan terulang dan harus memulai dari awal menantikan hal yang panjang untuk kesembuhan hati yang entah akan sampai kapan lagi.

4.    Belum Bisa Menjadi Kepala Keluarga
Menjadi kepala Keluarga adalah tugas yang mulia sekaligus sangat berat yang harus dijalani oleh laki laki, untuk itu demi mempersiapkan jadi kepala Keluarga yang baik, laki laki akan mempersiapkannya hingga sematang mungkin dan tidak mau terburu buru.

5.    Merasa belum cukup secara ekonomi
Bagi laki laki yang akan menjadi suami atau kepala Keluarga faktor ekonomi adalah hal yang paling utama dalam menjadi persoalan kenapa laki laki takut untuk menikah.

Jika ingin menikah tentunya laki laki mempunyai ego tersendiri untuk bisa memberikan segalanya yang terbaik untuk istri dan ketika mempunyai anak kelak.

Karena jika nafkah yang diberikan dinilai kurang untuk memenuhi kebutuhan Keluarga, laki laki akan merasa sangat bersalah dan menganggap dia adalah suami yang gagal karena tidak bisa memberikan yang terbaik untuk Keluarga.

Begitulah beberapa alasan yang membuat laki laki takut untuk menjalankan komitmen pernikahan, maka dari itu berilah penegrtian pada pasangan laki laki anda bahwa pernikahan bukanlah akhir kehidupan mereka yang bahagia. (mg18)

Sumber: