8 Penyebab Seseorang Mengalami Kecemburuan Kepada Pasangannya

8 Penyebab Seseorang Mengalami Kecemburuan Kepada Pasangannya

penyebab seseorang mengalami kecemburuan kepada pasangannya--Unsplash

SURABAYA, MEMORANDUM - Kecemburuan merupakan emosi yang kompleks yang dapat muncul dalam berbagai hubungan, termasuk hubungan romantis

Rasa cemburu dapat disebabkan oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal. Berikut adalah 8 penyebab seseorang mengalami kecemburuan kepada pasangannya:

1. Ketidakamanan

Salah satu penyebab paling umum dari kecemburuan adalah rasa tidak aman. Orang yang merasa tidak aman tentang diri mereka sendiri mungkin merasa cemburu ketika pasangan mereka menghabiskan waktu dengan orang lain, terutama jika orang lain tersebut dianggap lebih menarik, sukses, atau populer.

2. Pengalaman masa lalu

Pengalaman masa lalu dengan pengkhianatan atau perselingkuhan dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap kecemburuan di masa depan. 

Jika Anda pernah diselingkuhi di masa lalu, Anda mungkin lebih mudah cemburu ketika pasangan Anda menunjukkan perilaku yang Anda anggap mencurigakan, meskipun sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

BACA JUGA:7 Cara Memahami dan Mengatasi Rasa Cemburu dalam Hubungan

3. Kurangnya komunikasi

Komunikasi yang terbuka dan jujur sangat penting dalam setiap hubungan. Jika Anda tidak merasa nyaman untuk berbicara dengan pasangan Anda tentang kekhawatiran Anda, hal ini dapat menyebabkan kecemburuan dan kesalahpahaman.

4. Kebutuhan akan kontrol

Beberapa orang yang cemburu memiliki kebutuhan yang kuat untuk mengontrol pasangan mereka. 

Mereka mungkin mencoba untuk membatasi siapa yang dapat dilihat atau dilakukan pasangan mereka, atau mereka mungkin terus-menerus memeriksa ponsel atau media sosial pasangan mereka.

5. Ketakutan akan kehilangan

Sumber: