9 Petugas Damkar Jember Baru Digembleng Agar Siap Fisik dan Mental

9 Petugas Damkar Jember Baru Digembleng Agar Siap Fisik dan Mental

Pelatihan petugas baru Damkar jember-Biro Jember-

JEMBER, MEMORANDUM - Sembilan petugas pemadam kebakaran (Damkar) baru di Jember tengah mengikuti pelatihan intensif selama satu minggu untuk mempersiapkan mereka secara fisik dan mental sebelum terjun ke lapangan. Para rekrutan ini merupakan lulusan tes Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun lalu yang ditempatkan di Damkar Jember.

Pelatihan ini bertujuan untuk membekali petugas baru dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjalankan tugas mereka dengan aman dan efektif. Selain materi di kelas, mereka juga mengikuti simulasi menggunakan berbagai alat pemadam kebakaran, seperti karung goni, apar, dan water canon.

Ketua Regu B Mako Damkar Jember, Dwi Atmoko, mengatakan, "Kami bekali mereka secara ketat. Pelatihan ini berlangsung selama satu minggu, dengan dua hari materi di kelas dan lima hari praktek di lapangan." Pelatihan ini dilakukan di Kantor Damkar Jember, Jalan Danau Toba, Kelurahan Tegal Gede, Kecamatan Sumbersari, Rabu 24 April 2024.

Setelah menyelesaikan pelatihan ini, para petugas baru akan mengikuti magang selama dua bulan sebelum mereka benar-benar siap terjun ke lapangan.

BACA JUGA:Damkar Jember Siaga 24 Jam, Tuntaskan Tugas Secara Cepat

Salah satu peserta pelatihan, Fitria Handayani, mengungkapkan bahwa pelatihan ini lebih banyak fokus pada praktek daripada materi di kelas. Dia juga mengatakan bahwa teknik penyemprotan dengan water canon adalah yang paling sulit di antara semua teknik pemadaman api yang diajarkan.

"Yang perlu diperhatikan adalah posisi kuda-kuda kaki saat menyemprotkan air bertekanan tinggi. Karena bila salah, kita bisa terpelanting terdorong karena kuatnya tekanan air," tukasnya.

Pelatihan ini diharapkan dapat mempersiapkan para petugas baru Damkar Jember dengan baik untuk menghadapi berbagai situasi darurat yang mungkin mereka temui di lapangan. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh, mereka dapat bekerja dengan aman dan efektif untuk memadamkan api dan menyelamatkan nyawa.(eko)

Sumber: