Ini Profil Shin Tae-yong yang Mengantarkan Garuda Muda Ke-8 Besar Piala Asia U-23

Ini Profil Shin Tae-yong yang Mengantarkan Garuda Muda Ke-8 Besar Piala Asia U-23

Shin Tae-yong (lahir 11 Oktober 1970) bukanlah nama asing bagi pecinta sepak bola Indonesia.--

MEMORANDUM - Shin Tae-yong (lahir 11 Oktober 1970) bukanlah nama asing bagi pecinta sepak bola Indonesia. Pria asal Korea Selatan ini didaulat menjadi pelatih kepala tim nasional sepak bola Indonesia sejak tahun 2020. Namun, jauh sebelum itu, Shin Tae-yong telah memiliki segudang pengalaman dan prestasi mentereng, baik sebagai pemain maupun pelatih.

Karier Shin Tae-yong sebagai Pemain:

BACA JUGA:Motor Listrik Volta Lebih Hemat: Sekali Nge-charge Rp 2.300 Bisa Dipakai 60 KM

Lahir dengan bakat sepak bola yang luar biasa, Shin Tae-yong mengawali karier profesionalnya bersama klub Ilhwa Chunma (sekarang bernama Seongnam FC) pada tahun 1992.Selama 13 tahun berseragam Ilhwa Chunma, Shin Tae-yong tampil gemilang dengan torehan 76 gol dari 296 pertandingan.

BACA JUGA:Bank UMKM Jatim Siapkan Langkah Strategis Hadapi Tantangan Perbankan

Ia juga pernah mencicipi pengalaman bermain di Liga Australia bersama Brisbane Roar FC pada tahun 2005.

Di level Tim Nasional, Shin Tae-yong tak hanya membela timnas senior, tetapi juga pernah memperkuat timnas Korea Selatan U-17, U-20, dan U-23.

Kesuksesan Shin Tae-yong sebagai Pelatih:

Setelah gantung sepatu sebagai pemain, Shin Tae-yong banting setir menjadi pelatih. Ia memulai karier kepelatihannya di klub lamanya, Seongnam Ilhwa Chunma, pada tahun 2009.

Di bawah tangan dinginnya, Seongnam Ilhwa Chunma berhasil menjuarai Liga Champions AFC 2010. Ini menjadikannya sebagai pelatih pertama yang berhasil meraih gelar juara kompetisi kasta tertinggi antarklub Asia tersebut, setelah sebelumnya ia juga pernah menjadi juara sebagai pemain bersama klub yang sama di tahun 1995.

Shin Tae-yong kemudian menukangi Timnas Korea Selatan U-23 dan senior. Puncaknya, ia dipercaya menjadi pelatih kepala Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

Era Shin Tae-yong di Timnas Indonesia:

Kedatangan Shin Tae-yong ke Indonesia membawa harapan baru bagi pecinta sepak bola tanah air.Ia tak hanya menangani timnas senior, tetapi juga seluruh kelompok usia Timnas Indonesia mulai dari U-19, U-23, hingga senior.

Shin Tae-yong memiliki filosofi sepak bola yang tegas dan mementingkan kerja keras, disiplin, serta strategi yang matang.

Sumber: