Tampil Baru, Unugiri Launching Nama Tes Bahasa

Tampil Baru, Unugiri Launching Nama Tes Bahasa

Tampil Baru, Unugiri Launching Nama Tes Bahasa--

BOJONEGORO, MEMORANDUM - Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (Unugiri) Bojonegoro, melalui Bidang Pengembangan Bahasa Direktorat Akadmik dan Kerjasama secara resmi meluncurkan nama tes bahasa internalnya dengan nama G-ToE (Giri Test of English) dan IKLILA (Ikhtibarul Kafaah Lil Lughahtil Arabiyyah).

Kegiatan launching ini dilaksanakan di Ruang Smart Class dan dihadiri oleh Wakil Rektor I Unugiri, Direktur, Dekan, Ka.Prodi, perwakilan dosen dan mahasiswa di lingkungan Unugiri Bojonegoro.

G-ToE dan IKLILA menjadi tes bahasa wajib bagi seluruh mahasiswa Unugiri, baik program sarjana maupun pascasarjana. Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan mahasiswa dalam memahami, berbicara, membaca, dan menulis Bahasa Inggris dan Bahasa Arab.

Di samping itu, G-ToE dan IKLILA juga digunakan sebagai salah satu acuan dalam pembinaan dan pengembangan kemampuan bahasa dosen dan tenaga kependidikan.

BACA JUGA:Sinergikan Peran Alumni dan Kampus Wujudkan WCU, Lantik IKA Unugiri Tingkat Fakultas dan Program Studi

Mengawali sambutan, Kepala Bidang Pengembangan Bahasa Unugiri, Dr. Nurul mUsyafaah, M.Pd.I., menegaskan pentingnya sebuah nama untuk tes bahasa.

“Setiap pusat bahasa di perguruan tinggi memiliki nama tes bahasa, sebab nama merupakan elemen pertama yang dilihat oleh user atau target audience. Sehingga sangat penting untuk membuat arti nama tes bahasa yang berbeda, autentik, dan mudah diingat,"tegasnya.

BACA JUGA:BEM Unugiri Bojonegoro Deklarasikan Pemilu Damai 2024

Sambutan berikutnya oleh Direktur Akademik dan Kerjasama Unugiri, Ainu Zuhriyah, S.Kep., Ners., M.Pd., beliau berharap peluncuran nama tes bahasa Unugiri dapat meningkatkan semangat dan kemampuan bahasa asing civitas akademika.

Kemampuan bahasa Inggris dan bahasa Arab merupakan salah satu kompetensi penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa, dosen, dan civitas akademika di era globalisasi ini.

"Diharapkan dengan peluncuran nama baru (G-ToE dan IKLILA), kita semua lebih bersemangat untuk selalu meningkatkan kemampuan bahasa asing (Inggris dan Arab), sehingga dapat bersaing di kancah internasional,” ucapnya.

BACA JUGA:Forkopimda Jatim Safari Kampus Percepat Program Vaksinasi

Sementara itu, Wakil Rektor I Unugiri, Dr.H.M. Ridlwan Hambali, L.C.,MA., dalam sambutannya berharap pusat bahasa Unugiri dapat memberikan manfaat untuk pihak internal dan eksternal dalam konteks peningkatan kemampuan bahasa asing.  

“kami berharap pusat bahasa Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri dapat menjadi rujukan dan pusat kebahasaan di Unugiri untuk mendukung World Class University 2036. Semoga tes bahasa asing yang diselenggarakan pusat bahasa Unugiri bermanfaat untuk mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, dan masyarakat umum," harapnya.

Sumber: