Pascabencana, PLN Perkuat Pemulihan Listrik di Sumberlangsep Meski Terkendala Cuaca Ekstrem

Pascabencana, PLN Perkuat Pemulihan Listrik di Sumberlangsep Meski Terkendala Cuaca Ekstrem

Petugas PLN Memperbaiki Jaringan Listrik Pasca Bencana-Biro Lumajang-

LUMAJANG, MEMORANDUM - PLN kembali menambah bantuan genset untuk kebutuhan arus listrik di Dusun Sumberlansep, Desa Jugosari, Kecamatan Candipuro. Total ada 12 genset dengan kapasitas 900, 5.500 dan 10.000 watt yang diperbantukan PLN ULP Tempeh, UP3 Jember. Penambahan bantuan genset tersebut lantaran proses normalisasi aliran listrik di Dusun Sumberlangsep masih terhambat cuaca.

Pemulihan jaringan listrik ini merupakan wujud komitmen PLN untuk terus memberikan layanan terbaik kepada masyarakat dan kami usahakan besok sore selesai jika cuaca mendukung,“ ujar Manager PLN UP3 Jember, Alimuddin.

Selain memulihkan jaringan listrik, PLN juga terus berkoordinasi dengan Muspika setempat dan BPBD Lumajang terkait informasi jika ada bencana susulan. PLN juga telah menyiapkan tim untuk standby siaga dan siap melakukan penanganan jika terjadi gangguan kelistrikan di wilayah terdampak.

"Belum rampung (perbaikan aliran listrik, red) tapi sudah ada genset kurang lebih 12 buah. Besok insyaallah teraliri (listrik) jika cuaca memungkinkan," jelas Buyung Marthinus, Tim Leader Pemeliharaan PLN UP3 Jember, saat dikonfirmasi, Minggu 21 April 2024.

BACA JUGA:PLN UIP JBTB Peringati Bulan K3 Nasional dengan Refreshment Simulasi Tanggap Darurat Bencana dan Evakuasi

Lebih lanjut disampaikan, pengerjaan perbaikan jaringan listrik sudah dilaksanakan untuk wilayah yang terdampak banjir. Ada tiga wilayah, yaitu Dusun Liwek (Desa Gondoruso Kecamatan Pasirian) Dusun Sumberlangsep (Desa Jugosari Kecamatan Candipuro) dan sebagian wilayah Kecamatan Pasirian.

Dari laporan tim lapangan, semua wilayah kecuali Dusun Sumberlangsep sudah kembali menerima aliran listrik dengan normal.

"Kami sudah melakukan pembongkaran dan pemilahan peralatan yang rusak, persiapan Material pengganti, mobilisasi petugas dan peralatan pendukung, pembongkaran konstruksi, mobilisasi tiang, tinggal pendirian tiang dan pemasangan konstruksi, kami terkendala cuaca hari ini," lanjut Buyung.

Sedikitnya ada 2 tiang 13 meter patah, 2 tiang 9 meter roboh, 1 konstruksi TM1 rusak, 1 konstruksi TM2 rusak dan 2 konstruksi TR1 rusak akibat bencana banjir lahir dingin kali ini. Pihak PLN tengah berupaya maksimal untuk penanganan dan perbaikan aliran listrik di seluruh wilayah yang terdampak banjir.

BACA JUGA:Semarakkan Bulan K3 Nasional, PLN UIP JBTB Gelar Refreshment Simulasi Tanggap Darurat Kebakaran dan Evakuasi

"Kita upayakan secepatnya, kami dari Tim ULP Tempeh, ULP Lumajang dan UP3 Jember dibantu vendor akan melakukan upaya terbaik, estimasi nyala total  Senin, tanggal 22 April 2024," pungkasnya.(Ags)

Sumber: