Evaluasi Arus Mudik Balik Idulfitri di Malang, Angka Lakalantas Turun

Evaluasi Arus Mudik Balik Idulfitri di Malang, Angka Lakalantas Turun

Kasatlantas Polres Malang AKP Adis Dani Garta. -Biro Malang Raya-

MALANG, MEMORANDUM - Kesiapan Satlantas Polres Malang mengatasi arus mudik dan arus balik Lebaran Idulfitri 1445 Hijriyah, hasilnya cukup memuaskan. Terlihat dari titik-titik yang diprediksi rawan macet dan black spot, tidak sampai terjadi kemacetan yang selama ini dikhawatirkan Satlantas Polres Malang.

BACA JUGA:Simak Jadwal Lengkap Tahapan Seleksi Penerimaan Calon Anggota Polri 2024 Berikut Ini

"Alhamdullialh untuk wilayah Kabupaten Malang tidak ada kemacetan yang parah dan begitu juga angka lakalantas," terang Kasatlantas Polres Malang AKP Adis Dani Garta, Rabu, 17 April 2024.

BACA JUGA:Penerimaan Akpol, Bintara, dan Tamtama Polri 2024 : Berikut Syarat dan Jadwal Pendaftaran

Kasatlantas mengungkapkan, ada banyak faktor yang penyebab terjadinya penurunan atas angka lakalantas, kemacetan (trouble spot) black spot. Di antaranya kesiapan personel Satlantas dalam menghadapi arus mudik dan arus balik, yang sudah dipersiapkan secara matang sebelum pelaksanaan Operasi Ketupat 2024.

BACA JUGA:Pendaftaran Akpol 2024 Dibuka! Ini Syarat dan Jadwal Pendaftarannya

Juga dilakukannya penyuluhan dan edukasi terkait keselamatan berlalu lintas secara masif pada seluruh pengendara dan melakukan evaluasi penanganan dari tahun sebelumnya terkait penanganan arus mudik dan arus balik.

BACA JUGA:Bangun Kesadaran Masyarakat Satlantas Polres Malang Ciptakan Kampung Tertib Lalin

"Utamanya kesiapan dan cepat tanggap dari personel Satlantas, pada titik-titik rawan trouble spot dan black spot," kata Adis.

BACA JUGA:Satlantas Polres Malang Tetapkan Sopir Bus PO Tentrem Sebagai Tersangka

Tidak kala pentingnya, lanjut Adis, terkait pemetaan jalur-jalur alternatif yang bisa diakses dengan mudah oleh para pemudik maupun tujuan wisata. Serta dilakukannya pemasangan rambu-rambu tambahan pada setiap jalur mudik maupun jalur wisata.

BACA JUGA:Satlantas Polres Malang Gencar Edukasi Keselamatan Berlalulintas

"Meski demikian kami terus lakukan evaluasi harian, yang disampaikan pada anggota setiap rakor," imbuhnya.

Secara pribadi maupun lembaga pihak Satlantas, tak lupa mengucapkan terima kasih kepada media. Karena atas peran serta dari manajemen media yang baik, selalu menayangkan setiap perkembangan arus lalu lintas.

BACA JUGA:Operasi Zebra Semeru 2023, Satlantas Polres Malang Utamakan Sosialisasi

Tak lupa semua itu juga atas peran serta seluruh stakeholder, Pemkab Malang yang membantu memperlancar arus dengan membenahi jalan-jalan yang berlubang. Juga selalu intens melakukan rapat koordinasi dengan Forum LLAJ Kabupaten Malang.

BACA JUGA:Satlantas Polres Malang Ajak Siswa Tertib Berlalulintas

Juga perlu diketahui untuk angka lakalantas mengalami penurunan, jika dibandingkan dengan tahun lalu dalam Operasi Ketupat berlangsung. Pada 2024 terjadi 19 kejadian (tahun 2023 ada 28 kejadian) dengan rincia, yang alami fatalitas sebanyak 2 orang alami MD (2023 ada 3 orang), luka berat sebanyak 4 orang (2023 ada 1 orang) sedangkan yang luka ringan sebanyak 32 orang ( tahun 2023 ada 50 orang). (*)

Sumber: