Libur Lebaran, Destinasi Wisata Kota Batu Dibanjiri Ribuan Wisatawan

Libur Lebaran, Destinasi Wisata Kota Batu Dibanjiri Ribuan Wisatawan

Libur Lebaran, Destinasi Wisata Kota Batu Dibanjiri Ribuan Wisatawan --

BATU, MEMORANDUM - Momentum Hari Raya Idul Fitri tahun 2024 ini destinasi wisata di wilayah Kota Batu menjadi incaran masyarakat yang memanfaatkan lebaran sekaligus untuk liburan. Bahkan, dari dua tempat wisata besar, yakni Jawa Timur Park (JTP) dan Selecta, kunjungan wisatawan mencapai ribuan orang dari luar wilayah Kota Batu.


Libur Lebaran, Destinasi Wisata Kota Batu Dibanjiri Ribuan Wisatawan --

Direktur Taman Rekreasi Selecta, Pramono mengatakan animo masyarakat untuk berwisata di wilayah Kota Batu masih sangat tinggi masa lebaran tahun 2024 ini. Kunjungan wisatawan mulai banyak yang berdatangan dan jumlahnya merangkak naik pada liburan hari kedua lebaran dibandingkan hari pertama.

“Kunjungan wisatawan pada hari pertama liburan lebaran itu mencapai 950 orang. Lalu, hari kedua mulai naik melesat 2.290 orang. Kemudian, hari ketiga lebaran sampai pukul 14.30 WIB, kenaikan wisatawan yang berkunjung ke Taman Rekreasi Selecta mencapai 3.430 orang,” jelasnya saat berada di Taman Rekreasi Selecta, Kota Batu, Jumat 12 April 2024.

BACA JUGA:Resmikan Monumen, Geliat Taman Rekreasi Selecta Diapresiasi Disparta Kota Batu

Ribuan wisatawan yang datang berkunjung, menurutnya justru paling banyak dari luar kota yaitu wilayah Jawa Barat. Meskipun, juga banyak pengunjung dari area Malang Raya.

“Dari banyaknya wisatawan yang datang menikmati destinasi wisata ini yang paling banyak diminati yaitu Bianglala, karena bisa menikmati alam pegunungan Kota Batu. Tetapi, destinasi wisata yang baru yaitu Golden Trem juga banyak yang minat hingga 400 peminat,” urainya.

BACA JUGA:74 Tahun Merawat Kebahagiaan, Selecta Berbagai dengan 262 Warga Desa Tulungrejo

Senada, Marketing And Public Relations Manager Jawa Timur Park (JTP) Group Titik Ariyanto menjelaskan wisatawan yang datang ke JTP di hari H plus 2 Idul Fitri sudah mencapai rata-rata 20 sampai 25 ribu orang. “Dan ini sudah mulai ramai, prediksi kami sampai hari Minggu nanti seperti itu rata-rata jumlahnya,” terang Titik.

Dijelaskan, jumlah tersebut diperkirakan akan bertambah di dua hari terakhir masa libur lebaran ini. Bahkan, sampai pada hari Minggu mendatang. “Tentunya, kami berharap cuaca mendukung, maka diprediksi akan lebih banyak lagi yang berkunjung dan liburan di JTP 1, 2 maupun 3,” ujarnya.

BACA JUGA:Taman Rekreasi Selecta Tampilkan Wahana Baru

Kepala Pos Pengamanan (Kapospam) Soehat Polres Batu, AKP Anton Hendry mengatakan peningkatan kendaraan terjadi hampir 50 persen dibandingkan hari-hari biasa saat akhir pekan. Terutama, didominasi oleh kendaraan arah masuk ke Kota Batu dibandingkan dengan yang keluar.

Terpantau kendaraan dari luar daerah bernopol L (Surabaya), W (Gresik Sidoarjo), B (Jakarta) dan lainnya memasuki Kota Batu, baik keluarga maupun rombongan yang diantaranya mengendarai kendaraan pribadi. Artinya, wisatawan luar daerah akan memadati Kota Batu untuk berwisata.

“Peningkatan kendaraan mulai terjadi mulai sekitar pukul 10.00 WIB. Didominasi dari arah Karangploso, Kabupaten Malang atau Surabaya, dan juga Kota Malang. Kemarin saat hari H lebaran dan H-1 (sehari sebelum lebaran, red) masih landai,” terang AKP Anton. (adv/put)

Sumber: