Sidak Pasar di Gresik, Satgas Pangan Polda Jatim Jamin Stabilitas Bahan Pokok Jelang Lebaran

Sidak Pasar di Gresik, Satgas Pangan Polda Jatim Jamin Stabilitas Bahan Pokok Jelang Lebaran

Kasubdit Indagsi Ditreskrimsus Polda Jatim AKBP Oki Ahadian Purwono dan anggota meninjau bahan pokok di sejumlah pasar di Gresik.-Faisal Danny-

GRESIK, MEMORANDUM - Tim Satgas Pangan Ditreskrimsus Polda Jatim mendatangi sejumlah pasar di Kabupaten Gresik, Selasa 9 April 2024, pagi.

BACA JUGA:Satgas Pangan Polda Jatim Sidak Stok dan Harga Kedelai, Ini Hasilnya

Dalam kegiatan itu, tim Satgas mengecek pasokan dan stabilisasi harga bahan pokok penting (bapokting) menjelang perayaan Hari Raya Idulfitri 1445 H/2024.

BACA JUGA:Satgas Pangan Polda Jatim: Pasokan Gula Rafinasi Aman

Pantauan di lokasi, tim Satgas Pangan Polda Jatim didampingi Satgas Pangan Polres Gresik dan dinas terkait melakukan pemantauan di pasar Sidomoro dan toko ritel modern Superindo Gresik Jatim.

BACA JUGA:Satgas Pangan Polda Jatim Bersama Forkopimda Pantau Harga Bahan Pokok di Pasar Wonokromo

Kasubdit Indagsi Ditreskrimsus Polda Jatim AKBP Oki Ahadian Purwono menyebut, pihaknya bersama stakeholder terkait akan terus melakukan pemantauan harga barang kebutuhan pokok jelang Hari Raya Idulfitri. Hal itu guna mengantisipasi lonjakan harga yang tidak wajar.

Oki mengatakan, sidak ini juga melibatkan seluruh tim gabungan dari Satgas Pangan Polres Polres Jajaran yang ada di wilayah hukum Polda Jatim secara bersamaan juga memantau ketersediaan bapokting untuk memastikan stok dan harga yang relatif aman di pasar-pasar maupun yang ada di retail-retail modern

"Kami melakukan kegiatan pengecekan terhadap bapokting, di mana hasil pengecekan yang kami dapatkan adalah harga-harga pada umumnya terkait bahan pangan bapokting itu seperti beras, daging ayam, daging sapi, telur ayam, dan gula relatif sangat stabil," terang Oki.

Alumni Akademi Kepolisian (Akpol ) 2003 itu menyampaikan harga beras di pasar relatif stabil cenderung ada penurunan. Meskipun, ada bahan pangan yang sedikit mengalami kenaikan tetapi masih dalam batas yang wajar seperti gula.

"Jadi ini kan kami antisipasi jangan sampai terjadi lonjakan harga yang tidak wajar karena adanya permainan namun sampai saat ini dari hasil pantauan dan sidak kami untuk harga masih sangat terkendali dan relatif stabil," kata Oki.

Eks Kasatreskrim Polrestabes Surabaya itu menegaskan bahwa tim gabungan Satgas Pangan Polda Jatim akan terus menjaga ketersediaan Bahan Pokok Penting yang ada di wilayah Jatim.

"Kami akan melakukan pengecekan terus selama menjelang dan pasca-lebaran, jadi dari hari ini sampai seterusnya kita akan lakukan pengecekan secara berkala walaupun nanti Lebaran sudah selesai ," tegas Oki.

Selain itu, Oki juga menjelaskan jika pihak-pihak yang terkait dalam hal ini, juga ikut turut mendukung dan membantu menjaga stabilitas Bapokting di jawa timur. 

Sumber: