Tradisi Malam Takbiran di Berbagai Daerah

Tradisi Malam Takbiran di Berbagai Daerah

Takbiran merupakan tradisi umat Islam yang mengungkapkan rasa syukur atas berakhirnya bulan puasa Ramadan dan menyambut datangnya Idul Fitri.--Freepik

 MEMORANDUM - Malam  Idul Fitri atau yang biasa dikenal dengan malam takbiran merupakan momen yang penuh keceriaan dan keramaian di berbagai wilayah Indonesia.

Takbiran merupakan tradisi umat Islam yang mengungkapkan rasa syukur atas berakhirnya bulan puasa Ramadan dan menyambut datangnya  Idul Fitri.
 Di berbagai daerah, Takbiran mempunyai tradisi  unik dan khas yang menjadikan malam ini sebagai momen yang dinantikan masyarakat setempat.

 Yuk kita jelajahi beberapa tradisi daerah dalam menggemakan malam takbiran, diantaranya :

1. Takbiran Keliling Menggunakan Kendaraan Hias Di Aceh

Tradisi berkeliling Takbiran di atas kendaraan hias  Aceh menjadi salah satu momen yang  dinantikan  masyarakat setempat menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Pada malam TakbiRan, warga Aceh menghiasi mobilnya dengan berbagai ornamen, lampu hias, dan ukiran tradisional yang indah.

Kendaraan berhias melintasi kota sambil melantunkan Takbir dengan  suara nyaring dan sorak-sorai dari kendaraan bermotor.

Perjalanan melalui Takbiran dengan kendaraan hias merupakan momen  kebersamaan, kegembiraan dan rasa syukur menjelang akhir bulan suci Ramadhan.

BACA JUGA:Wali Kota Eri Imbau Warga Takbiran di Musala dan Masjid

BACA JUGA:Shimmer Dress Laku Keras, Tren Baru Siap Ramaikan Lebaran 2024!

2. Pawai Obor Di Yogyakarta

Tradisi Takbiran ini diadakan pada malam  Idul Fitri di Yogyakarta adalah prosesi penyalaan obor. Pada malam Takbiran, warga Yogyakarta menggelar prosesi penyalaan obor yang dihadiri ribuan orang dewasa dan anak-anak.

Dalam parade ini, peserta membawa obor yang melambangkan cahaya kemenangan di akhir puasa di bulan Ramadan.

Kirab obor menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Yogyakarta, yang akan berjalan bersama  melintasi berbagai jalan dan lokasi simbolis kota sambil melambaikan obor dan melantunkan takbir.

3. Takbiran dari Kapal di Makassar

Tradisi takbiran unik yang diadakan pada malam  Idul Fitri di Makassar adalah Takbiran dari perahu. Di Makassar, tradisi masyarakat setempat mengadakan Takbiran keliling dengan perahu sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda.

Pada malam Takbiran, perahu-perahu berhiaskan lampu warna-warni berlayar melintasi perairan sekitar Pantai Makassar sambil melantunkan Takbir dan mengagungkan nama Allah SWT.

4. Parade Kuda Berhias dan Berseragam di Pekalongan

Tradisi Takbiran unik yang berlangsung menjelang Idul Fitri di Pekalongan, Jawa Tengah adalah parade kuda berhias dan berseragam.

Sumber: