Tradisi Lebaran Yang Sangat Dirindukan Kedatangannya

Tradisi Lebaran Yang Sangat Dirindukan Kedatangannya

Momen hari kemenangan setelah menjalankan ibadah puasa selama bulan ramadan ini dimanfaatkan oleh seluruh umat Islam untuk berkumpul bersama keluarga.--Freepik

MEMORANDUM - Lebaran tahun 2024 ini apakah sobat muda semua akan mudik? Tentunya jangan sampai terlewatkan, karena tradisi ini hanya ada dalam setahun sekali.

Momen hari kemenangan setelah menjalankan ibadah puasa selama bulan ramadan ini dimanfaatkan oleh seluruh umat Islam untuk berkumpul bersama keluarga.

Karena terdapat libur panjang sehingga bisa meluangkan waktu yang lama untuk silaturahmi.

Berikut tradisi yang sangat dirindukan kedatangannya menjelang hari Raya Idul Fitri, diantaranya :

1. Malam Takbiran

Tradisi ini sangat ditunggu-tunggu oleh semua umat muslim loh. Mengumandangkan takbir pada malam hari raya setelah buka puasa terakhir di bulan ramadan sangat senang dan bahagia sekali atas pencapaiannya berpuasa selama  1 bulan penuh.

Nah, pada malam takbir ini biasanya setelah shalat Isya akan diadakan takbir berkeliling kampung, yang dimana masing-masing orang membawa obor dan berkeliling kampung sambil mengiringi lafadz takbir.

2. Baju Lebaran
Siapa disini yang udah borong baju untuk lebaran ? Pastinya udah stok nih ya sobat muda

Ketika datangnya hari raya idul fitri, baju lebaran menjadi salah satu hal yang wajib ada.

3. Halal Bi Halal

Setelah shalat eid biasanya umat muslim melakukan halal bi halal atau disebut dengan silaturahmi.

Tradisi saling berkunjung ini dilakukan oleh anggota keluarga yang lebih muda dahulu berkunjung ke rumah sanak saudara yang lebih tua untuk saling bermaaf-maafan.

Halal bi halal ini tidak hanya sebatas ke sesama keluarga atau kerabat dekat saja loh , tetapi juga bisa ke teman,sahabat,tetangga dan lainnya.

4. Kue Lebaran dan Ketupat

Saat berkunjung ke rumah sanak saudara, aneka kue lebaran ini biasanya disajikan dalam wadah yang beragam.

Selain kue lebaran ada juga ketupat yang menghiasi meja makan di setiap rumah. Ketupat ini dipadukan dengan Opor Ayam, Lodeh Tewel, Bakso dan lainnya.

5. Bagi-Bagi THR

Membagikan THR ini merupakan tradisi yang sudah melekat pada saat hari raya Idul Fitri loh. Salah satu tradisi yang membuat anak-anak sangat senang sekali mendapatkan Tunjangan Hari Raya untuk beli jajan. Nominalnya pun beragam, biasanya disesuikan dengan usia anak. Apakah sobat muda akan mendapatkan THR juga?

  6. Ziarah Kubur
     Tradisi ini biasanya dilakukan pada sebelum berpuasa atau setelah hari raya. Nah, sobat muda bisa datang kapan saja untuk membersihkan makam anggota keluarga yang
     sudah meninggal dan membacakan ayat-ayat suci Al-Qur`an. (mg16)

 
     
    

Sumber: