Dirlantas Polda Jatim Prediksi Hari Ini dan Besok Puncak Arus Mudik Lebaran

Dirlantas Polda Jatim Prediksi Hari Ini dan Besok Puncak Arus Mudik Lebaran

Ditlantas Polda Jatim memantau pergerakan pemudik via udara. --

SURABAYA, MEMORANDUM - Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jatim Kombespol Komarudin mempredikai bahwa puncak arus mudik akan terjadi hari ini (6 April) dan besok (7 April) arah dari Barat menuju Timur dan termasuk dari penyeberangan Ketapang, Banyuwangi dari Gili Manuk, Bali. 

"Jadi semalam terlihat agak ramai walaupun belum terlihat padat itu dikisarkan pukul 03:00 dinihari. Dimungkinkan hari ini dan besok akan menjadi puncak arus yang dari barat ke timur termasuk informasi yang keluar dari penyeberangan Ketapang yang dari Gilimanuk, Bali," kata Dirlantas Polda Jatim

Kombespol Komarudin melanjutkan bahwa sejak kemarin (5 April) sudah terpantau padat oleh pemudik. Dan hari ini cukup banyak yang datang dari penyeberangan Ketapang masuk ke Surabaya dan wilayah Kabupaten lain. 

"Pemudik dari Ketapang sudah banyak yang menuju Surabaya dan kabupaten lain. Termasuk yang arah barat dari jawa barat dan jawa tengah yang akan masuk ke wilayah kita," paparnya. 

BACA JUGA:Sukseskan Piala Dunia U-17, Dirlantas Polda Jatim: Siapkan Rekayasa Lalin

Pihaknya pun juga telah memantau pergerakan pemudik dari daerah Cikarang sampai dengan Kali Kangkung dan sampai saat ini masih mengikuti perkembangannya. 

"Semalam sudah dilakukan contra flow dari mulai Cikarang kemudian sampai Kali Kangkung. Gelombanh pertama itu masuk Ngawi semalam sekitar pukul 02:30 atau 03:00 dinihari. Dan sudah disambut oleh petugas kita yang ada dijalan tol dengan konsep kita akan mendampingi para pengemudi," ujarnya. 

Dari pendampingan tersebut, pihaknya mengimbau agar pemudik memanfaatkan rest area dan rest area pertama ada di KM 575 di Ngawi. Diharapkan pemudik untuk berhenti sejenak untuk beristirahat. 

"Silahkan dimanfaatkan agar melanjutkan sisa perjalanan ke jawa Timur tentu dengan kondisi yang fresh," ungkapnya. 

Dari pengalaman dan pantauan sebelumnya, ada satu fenomena dari para pengendara yang sudah menempuh perjalanan cukup jauh dari Jakarta, dari Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Begitu masuk wilayah Jawa Timur enggan untuk masuk ke rest area. 

"Ini sangat beresiko, kami mengimbau meski jarak beberapa jam lagi untuk sampai tempat tujuan ini titik krusial yang harus diperhatikan oleh para pengendara. Keluarga menunggu dirumah, pastikan dan harapan kita bersama bahwa saudara-saudara kita bisa selamat sampai tujuan," tuturnya. 

BACA JUGA:Profil Kombes Pol Komarudin yang Resmi Jabat Dirlantas Polda Jatim

BACA JUGA:Dirlantas dan Kasatlantas Survey Jalur Wisata Jelang Nataru

Kombespol Komarudin memberikan tips kepada pengendara untuk mudik lebaran ini. Yang pertama untuk memastikan kondisi kendaraan dan berikutnya tentu faktor kesehatan ini menjadi hal yang sangat penting. 

Sumber: