Kapolri, Menhub, dan Panglima TNI Cek Kesiapan Jalur Mudik di Jatim

Kapolri, Menhub, dan Panglima TNI Cek Kesiapan Jalur Mudik di Jatim

Kapolri, Menhub, dan Panglima TNI Cek Kesiapan Jalur Mudik di Jatim--

SURABAYA, MEMORANDUM - Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, meninjau Pos Pengamanan Terpadu Lebaran tahun 2024 di Terminal Purabaya, Kamis 4 April 2024.

Usai tiba di terminal Purabaya, Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo, menyapa masyarakat yang akan melakukan mudik lebaran dan memberikan bingkisan. Selanjutnya kapolri dan rombongan meninjau gerai tes urine pengemudi bus.

BACA JUGA:Kapolri Instruksikan Seluruh Jajaran Sediakan Layanan Penitipan Kendaraan Saat Mudik Lebaran 2024

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, saat konfrensi pers menjelaskan, bersama Kapolri dan Panglima TNI berkeliling di Semarang, Bali, dan terakhir di SurabayaSurabaya u tul memastikan pengamanan selama mudik. 

"TNI Polri benar-benar memberikan dukungan pada obyek obyek transportasi yang memberikan pengamanan dan safety itu sangat penting. Saya selaku Menhub menyampaikan terima kasih kepada jajaran TNI dan Polri. Berkaitan apa yang dilakukan hari ini bahwa mudik pada tahun ini adalah yang terbesar dan tersibuk," kata Budi Karya Sumadi.

Kehadiran polri sangat penting berkaitan dengan keamanan, tetapi servicenya apa yang dilakukan lebih apa yang dilakukan biasanya, ada tes urin maupun tes kesehatan ini menunjukkan standart baru di terminal.

"Saya menitipkan kepada petugas untuk melakukan ram check pada bis-bis yang akan berangkat, kalau kesehatan sudah dicek maka bis juga harus dicek. Kalau orang nya sehat bis nya juga sehat dan taat pada aturan mudah-mudahan bisa berjalan dengan baik," ungkapnya. 

BACA JUGA:Kemacetan Panjang di Bali, Menhub Bakal Bangun LRT

Sementara itu Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo menyampaikan, baru saja kami bersama Menhub dan Panglima TNI melaksanakan pengecekan secara langsung terkait dengan kesiapan dari fasilitas yang ada di pos terpadu dan pos pelayanan yang ada di terminal Purabaya, yang sebelumnya tadi melakukan pengecekan ke KSDP.

"Dari hasil pemeriksaan tadi kita lihat sudah ada pemeriksaan untuk tes urine, kemudian juga terkait dengan pelayanan kesehatan baik bagi penumpang maupun bagi sopir. Saya kira ini bagus dan juga ada ruang pelayanan terkait dengan apabila ada keluhan dari masyarakat yang mungkin ada gangguan terkait dengan masalah kriminalitas," kata Kapolri.

Kapolri menyebutkan bahwa angka kecelakaan lalu lintas di Jatim masih tinggi. Untuk itu, ia mengimbau kepada jajarannya agar dapat ditekan, terutama pada momen mudik.

"Kita pesankan karena memang dari hasil evaluasi tahun 2023 angka lakanya agak lebih tinggi dibandingkan wilayah lain," tuturnya.

"Sehingga tadi kita ingatkan untuk betul-betul menjaga keselamatan para pemudik, baik yang menggunakan kendaraan pribadi yang menggunakan kendaraan angkutan," imbuhnya

BACA JUGA:Bus Listrik Bekas KKT G20 Surabaya Mangkrak, Dishub Dorong Kemenhub Reaktivasi

Sumber: