Percepat Tangani Kemacetan Arus Lalin, Polres Malang Terjunkan Pos Keliling

Percepat Tangani Kemacetan Arus Lalin, Polres Malang Terjunkan Pos Keliling

Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana memantau lalu lintas dari pos keliling.-Biro Malang Raya-

MALANG, MEMORANDUM - Meski Polres Malang sudah mendirikan 10 pos, pada pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2024 yang terbagi pada 1 pos pelayanan, 2 pos pengamanan dan sisanya merupakan pos pantau. Namun demikian masih menerjunkan 1 pos keliling (mobile), yang bakal difungsikan penanganan secara cepat mengurai kemacetan.

BACA JUGA:Operasi Pekat Semeru 2024, Polres Malang Lindas 1.713 Botol Miras

"Kami berusaha semaksimal mungkin untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi pemudik," terang Kasatlantas AKP Adis Dani Garta mendampingi Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana, Kamis, 4 April 2024.

BACA JUGA:Satreskoba Polres Malang Gerebek Rumah Produsen Trobas 

Adis mengungkapkan, pos keliling merupakan modifikasi dari truk yang dulunya sebagai pelayanan samsat keliling diubah dan dilengkapi. Seperti layar monitor yang terhubung dengan CCTV, internet, dan rambu- rambu.

BACA JUGA:Operasi Keselamatan Semeru 2024, Polres Malang Lebih Tekankan Tertib Berlalulintas

Karena fungsi dari pos keliling ini bertujuan untuk memantau dan menangani secara langsung kemacetan arus lalin saat mudik dan saat arus balik.

BACA JUGA:Polres Malang Kembali Bagikan Bantuan UMKM

"Kami berusaha mewujudkan tagline Menteri Perhubungan yaitu Mudik Ceria Penuh Makna," kata Adis.

BACA JUGA:Polres Malang Terjunkan 124 Personil Gabungan Lakukan Operasi Keselamatan Semeru 

Bahkan tidak hanya mewujudkan tagline tersebut, namun kami juga berusaha memberikan rasa nyaman dan aman bagi para pemudik. Rasa nyaman terbebas dari kemacetan saat berkendara nanti, dengan menuju rasa aman dari kecelakaan maupun situasi yang tertib dan aman dari kriminalitas.

BACA JUGA:Polres Malang Sosialisasi Tumbuhkan Kesadaran Antikorupsi 

Maka dari itu untuk menangani kemacetan jika sampai terjadi, pada jalur utama maka pihak Satlantas Polres Malang juga mempersiapkan jalan alternatif. Demikian juga dengan u-turn yang biasanya menciptakan terjadi kemacetan, maka akan dialihkan pada u-turn yang lebih aman dan lancar.

BACA JUGA:Kapolres Malang Lepas 811 Personil Amankan TPS

"Semua itu bertujuan menghindari terjadinya kemacetan, saat arus balik maupun bagi warga yang bakal menuju lokasi wisata," imbuh Adis.

BACA JUGA:Satreskoba Polres Malang Ungkap 9 Kasus dan Amankan 10 Tersangka 

Dalam Operasi Ketupat Semeru 2024 kali ini, Polres Malang mendirikan 10 pos yang terdiri dari: satu pos pelayanan yang ada di Karanglo, 2 pos pengamanan di exit tol Pakis dan Kepuharjo, sedang pos pantaunya ada di Pintu Masuk Jalibar, Pertigaan Slorok, Perempatan Dampit, Perempatan Balekambang, Pasar Tumpang, serta depan Pasar Lawang. (*)

Sumber: