Sidak Terminal, Tes Urine Para Sopir Kendaraan Umum

Sidak Terminal, Tes Urine Para Sopir Kendaraan Umum

Para sopir bus antarkota melihat hasil tes urine miliknya.-Biro Pasuruan-

PASURUAN, MEMORANDUM - Pengecekan kendaraan angkutan umum Lebaran 2024 terus diperhatikan. Terutama perihal kelaikan jalan kendaraan. Hal ini dilakukan agar pengguna kendaraan umum, terutama bus bisa tenang ketika melakukan perjalanan mudik lebaran.

BACA JUGA:Jelang Nataru, Kru Bus di Terminal Pandaan Dites Urine

Satlantas Polres Pasuruan Kota, Rabu, 3 April 2024 siang, bersama dengan Dinas Perhubungan Kota Pasuruan dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) P3 LLAJ Dinas Perhubungan Provinsi Jatim sidak di terminal Kota Pasuruan. Sidak ini dalam rangka melakukan cek kelaikan kendaraan angkara umum serta tes urine terhadap sopir bus.

Yoyok Kristyo Wahono, Kepala UPT P3 LLAJ Probolinggo Dinas Perhubungan Provinsi Jatim, mengatakan kegiatan yang digelar tersebut dalam rangka untuk menjamin keselamatan penumpang angkutan lebaran yang mempergunakan kendaraan bus ketika mudik lebaran.

Selama armada angkutan lebaran berjalan diatas jalan provinsi, maka sidak ini merupakan pengawasan pihak UPT P3 LLAJ Provinsi Jatim. Juga keselamatan penumpang tidak hanya dari faktor kualitas jalan, tetapi juga dari kelaikan kendaraan dam juga sopir bus.

"Wilayah UPT P3 LLAaj Probolinggo termasuk Kita dan Kabupaten Pasuruan juga, maka dari itu selama menjelang Lebaran makin kita perketat aturannya dengan menyiapkan tim yang akan melakukan pengecekan terhadap kelaikan kendaraan," kata Yoyok Kristyo, Rabu, 3 April 2024.

BACA JUGA:Polres Pasuruan Kota Tes Urine Sopir Bus

Terkait dengan tes urine yang diberlakukan kepada para sopir juga digelar di Terminal Kota Pasuruan, para sopir bus antar kota yang masuk ke dalam terminal semuanya di tes urine. Hal ini dilakukan untuk mencegah kecelakaan yang kemungkinan terjadi akibat para sopir yang sedang dalam pengaruh narkoba.

"Kita sudah siapkan petugas khusus yang akan melakukan pengecekan urine para sopir. Hasilnya bisa langsung diketahui," kata AKP Agus Prayitno, Kasatlantas Polres Pasuruan Kota.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan Kabupaten Pasuruan juga menggelar pemeriksaan terhadap armada bus angkutan lebaran 2024 di Terminal Pandaan. Puluhan bus yang tengah masuk ke dalam terminal dilakukan pengecekan semuanya terkait dengan kelaikan angkutan Lebaran.

"Tidak hanya instrumen kendaraan yang kita cek, tetapi properti lainnya seperti APAR, palu darurat untuk pemecah kaca, dan lainnya juga kita cek," ujar Eka Wara, Kadishub Kabupaten Pasuruan.

Faktor keamanan selama arus mudik lebaran tidak hanya kepada kendaraan. Namun di jalur-jalur rawan kriminal/begal juga menjadi prioritas utama pihak keamanan agar para pemudik tidak ragu untuk melakukan perjalanan pada malam hari. (*)

Sumber: