Rukunkan Perguruan Silat di Pasuruan Bangun Pegupon

Rukunkan Perguruan Silat di Pasuruan Bangun Pegupon

Para perguruan silat dikumpulkan Kapolsek Purwosari untuk tetap rukun guyub dan aman.-Biro Pasuruan-

PASURUAN, MEMORANDUM - Di beberapa daerah, banyak pertikaian antarperguruan silat. Namun, di wilayah Purwosari, Kabupaten Pasuruan, tercetus ide untuk membuat Pegupon. Merupakan kepanjangan dari Perguruan Silat Guyup Polsek Aman.

BACA JUGA:Jelang Mudik Lebaran, Polsek Purwosari Intensifkan Patroli Ke SPBU untuk Pastikan Stok BBM

Upaya merukunkan para perguruan silat ini diinisiasi Kapolsek Purwosari AKP Hudi Supriyanto. Saat didampingi Kasihumas Polres Pasuruan Iptu Bambang, Kapolsek me-launching inovasi program unggulannya tersebut.

BACA JUGA:Reskrim Polsek Purwosari Sergap Karyawan Curi Kabel Feeder, 1 Kabur

Dalam acara tersebut, antar komunitas perguruan silat saling memperkenalkan perguruan silatnya. Dengan demikian mereka bisa saling kenal dan memahami betapa pentingnya hidup ini.

BACA JUGA:Polsek Purwosari Santuni Anak Yatim Piatu dan Berdoa untuk Bangsa Indonesia

“Kalau semua komunitas bisa saling menghargai, sehingga mereka tidak ada yang merasa paling hebat karena yang terhebat. Itu adalah kekuatan silaturahmi dan saling menghargai. Oleh karena itu dengan nilai nilai kebersamaan di bulan Ramadhan ini mereka bisa mewujudkan kekuatan tali persaudaraan bersama kepolisian,” ujar Kapolres Pasuruan AKBP Teddy Chandra saat disampaikan Kapolsek Purwosari AKP Hudi Supriyanto.

BACA JUGA:Polsek Purwosari Kawal Sosialisasi Desa Digital di Desa Bakalan

Dalam balutan persatuan dan ikatan silaturahmi, program tersebut mengundang ketua ranting dari beberapa perguruan silat yang ada di wilayah Kecamatan Purwosari. Mereka diajak buka bersama di Rumah Makan Samoraso, Desa Kertosari, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Selasa, 2 April 2024 sore.

BACA JUGA:Polsek Purwosari Cek Kesiapan Kampung Tangguh Berbasis UMKM

Kegiatan tersebut dihadiri Kapolsek Purwosari, Kasihumas Polres Pasuruan, anggota Polsek Purwosari, Ketua Ranting PSHT Purwosari, Ketua Ranting PSHW Purwosari, Ketua Cabang GASMI Kabupaten Pasuruan, dan Ketua Ranting Pagar Nusa Purwosari.

Saat azan Magrib berkumandang, momen Buka Bersama terjalin dengan penuh kehangatan dilanjutkan salat Magrib berjemaah.

BACA JUGA:Jumat Berkah Polsek Purwosari Santuni 21 Anak Yatim

Dengan program Pegupon ini diharapkan setiap warga masyarakat merasa aman dan terlindungi, menciptakan lingkungan yang harmonis dan damai untuk semua.

BACA JUGA:Dukung PPKM, Kapolsek Purwosari Bubarkan Kontes Miniatur Truk

"Salam hormat dari kami pihak Kepolisian kepada Ketua maupun perwakilan perguruan silat baik dari Cabang Pasuruan maupun Ranting Purwosari, mari kita jaga sinergitas antar perguruan demi keutuhan harkamtibmas, menjelang PON nanti mari kita bekerjasama dan berkolaborasi dengan tujuan bersama-sama mencetak atlit cabang beladiri pencak silat dari wilayah Kabupaten Pasuruan dan Kecamatan Purwosari pada khususnya," ucap kapolsek.

BACA JUGA:Kapolsek Purwosari Sinergi Amankan Pilkades

Hal senada juga diungkapkan Kasihumas Polres Pasuruan Iptu Bambang Sugeng Hariyadi. Ia memberikan himbauan kepada para Ketua Ranting dan Cabang Perguruan Silat.

"Pengurus Ranting harus selalu ada komunikasi dengan warganya terutama warga yang membentuk komunitas, sesuai standar operasional prosedur (sop) terkait kegiatan perguruan silat,” tegasnya.

BACA JUGA:Polsek Purwosari Safari Tiga Pilar

Beberapa kebijakan sudah dibuat, di antaranya; diharapkan tidak menggunakan atribut seragam kebesaran perguruan silatnya bila dalam perjalanan berangkat dan pulang dari tempat kegiatan. Setelah pulang melaksanakan kegiatan dilarang konvoi atau arak-arakan, baik menggunakan mobil maupun motor. (*)

Sumber: