Tips Melindungi Diri dari Cyberbullying dan Penipuan Online

Tips Melindungi Diri dari Cyberbullying dan Penipuan Online

melindungi diri dari cyberbullying dan penipuan online memerlukan pemahaman tentang bagaimana mengelola interaksi online dengan aman.--Freepik

MEMORANDUM - Di zaman sekarang sudah semakin banyak cyberbullying dan penipuan online.

Maka dari itu  melindungi diri dari cyberbullying dan penipuan online memerlukan pemahaman tentang bagaimana mengelola interaksi online dengan aman.

Pahami apa yang dikategorikan sebagai cyberbullying, ketahui bahwa komentar atau tindakan online yang bersifat merendahkan, menghina, atau mengganggu secara berulang-ulang bisa dianggap sebagai cyberbullying.

Ini dia tips yang wajib kalian terapkan agar dapat membantu melindungi kalian dari cyberbullying dan penipuan online :

•    Atur Pengaturan Privasi : Periksa dan atur pengaturan privasi di platform media sosial kalian untuk mengontrol siapa saja yang bisa melihat dan berinteraksi dengan konten Anda.

•    Jangan Gubris : Hindari untuk merespons pengganggu atau penyerang secara langsung. Dengan kalian respon mereka maka mungkin akan memperburuk situasi atau memberi mereka perhatian yang tidak diinginkan.

BACA JUGA:Waspada! Kenali Ciri-Ciri Kecanduan Game Online pada Anak

BACA JUGA:Etika Berkencan Online yang Harus Diperhatikan

•    Blokir atau Laporkan : Jika kalian mengalami cyberbullying, gunakan fitur blokir atau laporkan pengguna yang bersangkutan ke platform media sosial atau layanan online yang sesuai.

•    Bicarakan dengan Orang Dewasa : Jika kalian merasa terganggu atau tertekan karena cyberbullying, bicarakan dengan orang dewasa yang dapat dipercaya, seperti orang tua, guru, atau konselor.

•    Pahami Konsekuensi Hukum : Jangan takut! beberapa yurisdiksi, cyberbullying dapat melanggar hukum. Pahami konsekuensi hukumnya dan cari bantuan hukum jika diperlukan.
Tips Melindungi Diri dari Penipuan Online :

•    Waspadai Tautan dan Lampiran : Jangan sembarangan mengklik tautan atau membuka lampiran dari sumber yang tidak dikenal atau tidak dipercaya, terutama jika pesan tersebut terasa mencurigakan.

•    Verifikasi Identitas : Saat berurusan dengan transaksi online atau komunikasi yang mengharuskan kalian memberikan informasi pribadi, pastikan kalian berurusan dengan situs web atau pihak yang dapat dipercaya.

Periksa URL, lihat apakah ada tanda keamanan dan pastikan situs tersebut memiliki reputasi yang baik.

Sumber: