Polres Batu Siapkan Pengamanan Jelang Lebaran

Polres Batu Siapkan Pengamanan Jelang Lebaran

Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin memimpin Latpra Ops Ketupat Semeru 2024 di Rupatama Mapolres Batu.--

BATU, MEMORANDUM - Persiapan Polres Batu Jatim menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin SIK MT menggelar kegiatan Latihan Pra Operasi Ketupat Semeru 2024, di Rupatama Polres Batu, Selasa 2 April 2024.

Kapolres Batu menyampaikan bahwa Polres Batu beserta jajarannya didukung TNI dan instansi terkait serta mitra Kamtibmas lainnya melaksanakan Operasi dalam bentuk Operasi Kepolisian terpusat dengan sandi “Ketupat Semeru 2024” selama 13 hari di wilayah hukum Polres Batu.

“Kami berharap dengan adanya Operasi ini bisa menjamin rasa aman masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa dan merayakan Idul Fitri 1445 H/ 2024,” kata Oskar Syamsuddin.

BACA JUGA:Jelang Mudik Lebaran, Kapolres Batu Cek Pos Pam dan Pos Yan

Diharapkan, arus mudik maupun balik pada lebaran tahun ini dapat berjalan dengan aman dan lancar, serta menurunnya jumlah pelanggaran lalu lintas dan laka lantas.

Pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2024 ini Polres Batu menggelar 6 Pos Pengamanan dan 1 Pos Pelayanan. Pos Pengamanan tersebut yaitu Pos Pam Soehat/ Pendem, Pesanggrahan, Bendo, Pujon, Kambal, dan Kasembon. Sedangkan untuk Pos Pelayanan ditempatkan di depan Alun–alun Kota Batu.

“Kami dalam Operasi ini akan menggelar 6 Pos Pengamanan dan 1 Pos Pelayanan dengan menempatkan 499 Personel gabungan dari Polri, TNI, Sat Pol PP, Dishub, Dinkes, BPBD, PMK, Pramuka, Bankom, Banser, dan Pemuda Pancasila,” terangnya.

BACA JUGA:Mudik Lebaran, Satlantas Polres Batu Lakukan Ini

Melibatkan petugas gabungan operasi ini selain mempunyai tanggung jawab untuk memberikan keamanan dan kelancaran arus lalu lintas, petugas juga mempunyai tanggung jawab dalam mencegah adanya tawuran, penggunaan petasan, dan pelanggaran lainnya, serta memberikan pengamanan kepada jamaah Shalat Idul Fitri.

Oskar mengharapkan anggotanya untuk menghimbau kepada warga masyarakat apabila mudik agar memastikan rumah yang ditinggal dalam keadaan aman (terkunci, tidak ada aliran listrik, dan gas), serta menginfokan kepada Bhabinkamtibmas setempat apabila warga meninggalkan rumahnya sementara untuk mudik demi menjamin keamanan.

Kapolres Batu menekankan pada anggotanya agar meningkatkan patroli di daerah pemukiman, lokasi wisata, objek vital dan mall, pasar dan daerah rawan kecelakaan lalu lintas serta rawan pidana. “Untuk mengantisipasi kejahatan Polres Batu juga akan membuka layanan penitipan kendaraan di Mako Polres maupun Polsek,” katanya. (nik)

Sumber: