Maksimalkan Layanan Umat, PDM Kota Malang Dirikan Gedung Baru

Maksimalkan Layanan Umat, PDM Kota Malang Dirikan Gedung Baru

prosesi pelatakan batu pertama untuk KLL di PDM Kota Malang--

MALANG, MEMORANDUM - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Malang, bertekad memaksimalkan kebermanfaatan layanan bagi masyarakat. Salah satunya, segera dibentuk Kantor Layanan Lazismu (KLL). Sebagai sentral pelayanan, akan menempati gedung baru, yang sedang dalam pembangunan.

Hal itu disampaikan ketua PDM Kota Malang, Prof Dr H Abdul  Haris, MA saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung di areal kantor PDM Kota Malang, Jl Gajayana, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Sabtu 30 Maret 2024.

"Kita ini banyak jenis usaha. Jadi banyak dana yang terserap. Baik di amal usaha, di cabang - ranting, masjid dan aktivitas lainya. Dengan gedung baru nanti, akan kita satukan semuanya melalui KLL. Sehingga, bisa lebih memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat," terang Prof Abdul Haris, usai peletakkan baru pertama di lokasi kantor PDM Kota Malang, Sabtu 30 Maret 2024.

BACA JUGA:Wali Kota Malang Apresiasi Peran Muhammadiyah dalam Penguatan Literasi

BACA JUGA:Gandeng Muhammadiyah, Pj Wali Kota Wahyu Ajak Ciptakan Pemilu Damai

Pembangunan gedung baru dengan lantai 2 itu, diperkirakan menelan biaya hingga Rp. 630 juta. Dan saat ini telah disiapkan sejumlah Rp. 100 juta. Dana tersebut, adalah dari swadaya masyarakat. Diperkirakan, pelaksanaan memakan waktu 2 - 3 bulan. Bangunan tersebut, seluas 140 meter.

Di PDM Kota Malang, kata dia, banyak ragam usaha, banyak dana yang terserap, amal usaha, mulai cabang, ranting dan masjid masjid. Selain itu, banyak aktivitas dan potensinya cukup besar. Karena itu, perlu tempat khusus untuk menjadi central kegiatan. Sehingga, pelayanan dan pengembangan bisa lebih cepat. 

"Banyak aktivitas yang kami lakukan untuk umat. Dengan tempat yang lebih representatif, akan bisa lebih memberikan kemudahan kemanfaatan," lanjutnya.

BACA JUGA:Menko PMK Tegaskan Peran Muhammadiyah di Indonesia Emas 2045

Salah satu kegiatannya, tambahnya, dengan membantu masyakarat kurang mampu, memberi beasiswa, kesejahteraan guru, aksi kemanusiaan, bedah rumah, pemberdayaan ekonomi dan lanya. Termasuk memberikan bantuan untuk masyarakat muslim di Palestina.

"Untuk bantuan ke Palestina, PDM Kota Malang nomor 2 secara kuantitas. Bahkan dapat penghargaan dari wilayah," pungkasnya. (edr)

Sumber: