Mudik dengan Lansia? Ini Tips Agar Perjalanan Mudik Aman dan Nyaman

Mudik dengan Lansia? Ini Tips Agar Perjalanan Mudik Aman dan Nyaman

Berbagai persiapan harus direncanakan dengan baik, terutama bagi anda yang melakukan perjalanan mudik dengan orang tua atau lansia.--Freepik

MEMORANDUM - Hari Raya Idul Fitri atau momen lebaran adalah hari yang pas untuk dirayakan bersama keluarga.

Untuk itu banyak orang yang melakukan mudik ke kampung halaman masing – masing agar bisa merayakan kehangatan Idul Fitri bersama keluarga.

Berbagai persiapan harus direncanakan dengan baik, terutama bagi anda yang melakukan perjalanan mudik dengan orang tua atau lansia.

Karena adanya faktor usia dan kesehatan yang harus di jaga, mudik bersama lansia harus direncanakan sematang mungkin, agar keinginan untuk berkumpul dengan keluarga dan kerabat dapat terwujudkan dengan baik pada momen lebaran nanti.

Berikut adalah tips yang dikutip dari berbagai sumber, agar mudik bersama lansia berjalan dengan aman dan nyaman :

1. Periksa kesehatan terlebih dahulu sebelum melakukan mudik

Hal yang penting dilakukan adalah memeriksa kondisi kesehatan bagi orang yang sudah berusia lanjut, karena para lansia mungkin sudah memiliki kondisi fisik yang mulai menurun dan apalagi jika mereka sudah mempunyai penyakit bawaan.

BACA JUGA:Mudik Lebaran Hemat dan Nyaman dengan Kereta Api, Ini Caranya!

BACA JUGA:Catat! 4 Jalan Tol Fungsional Dibuka Gratis saat Mudik 2024

Selain itu berkonsultasi dengan dokter juga sangat dianjurkan, karena untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Dokter bisa memberi nasehat dan saran agar perjalanan mudik dapat dilakukan dengan baik.

Namun jika kondisi benar benar tidak memungkinkan dan dokter menyarankan jangan, sebaiknya keinginan mudik bisa ditunda dulu.

2. Pilih moda transportasi yang tepat bagi lansia

Saat melakukan mudik bersama lansia hal yang harus diperhatikan adalam memilih transportasi yang aman dan nyaman apalagi jika berencana menaiki transportasi umum.

Dengan memilih tranportasi yang tepat akan dapat menghindari resiko yang buruk dapat terjadi selama perjalanan.

Sumber: