7 Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan

7 Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan

Tips berkendara di misim hujan. --Unsplash

SURABAYA, MEMORANDUM - Musim hujan telah tiba, dan bagi pengendara, ini berarti harus ekstra hati-hati saat di jalan.

Jalanan yang licin dan jarak pandang yang terbatas dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Berikut 7 tips aman berkendara saat musim hujan:

1. Periksa Kendaraan: Pastikan kondisi Kendaraan Anda prima sebelum berkendara, terutama sistem pengereman, lampu, dan ban. Pastikan ban memiliki tekanan angin yang sesuai dan alur ban yang masih baik.

2. Kurangi Kecepatan: Berkendara dengan Kecepatan yang lebih rendah saat hujan untuk memberikan waktu yang lebih banyak untuk bereaksi terhadap situasi yang tidak terduga.

BACA JUGA:8 Obat Alami untuk Meredakan Pilek di Musim Hujan

3. Jaga Jarak Aman: Jaga Jarak Aman dengan kendaraan di depan Anda minimal 3 detik. Hal ini untuk memberi ruang pengereman yang cukup jika terjadi sesuatu di depan.

4. Hindari Genangan Air: Hindari melewati genangan air yang dalam karena dapat menyebabkan kendaraan tergelincir atau mogok.

5. Gunakan Lampu Kendaraan: Gunakan lampu kendaraan Anda dengan benar. Gunakan lampu sein saat berbelok dan lampu utama saat hujan deras atau visibility rendah.

6. Hindari Pengereman Mendadak: Hindari pengereman mendadak karena dapat menyebabkan kendaraan tergelincir. Lakukan pengereman secara perlahan dan bertahap.

BACA JUGA:10 Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan

7. Gunakan Jas Hujan dan Perlengkapan Keselamatan Lainnya: Gunakan Jas Hujan yang berkualitas dan perlengkapan keselamatan lainnya seperti helm dan sepatu yang tidak licin.

Tips Tambahan:

• Pastikan kaca depan dan spion Anda bersih untuk menjaga jarak pandang yang baik.

Sumber: