Gagal Puting? Ini Cara Aman Memberi ASI Perah pada Bayi

Gagal Puting? Ini Cara Aman Memberi ASI Perah pada Bayi

Gagal Puting? Ini Cara Aman Memberi ASI Perah pada Bayi.-Freepik.-

MEMORANDUM - Bingung puting (nipple confusion) adalah kondisi saat bayi mengalami kesulitan menyusu langsung dari payudara ibu. 

Ini bisa terjadi karena berbagai faktor, seperti bayi terbiasa menggunakan dot, bentuk puting ibu datar atau masuk ke dalam, atau bayi pernah mengalami kesulitan menghisap saat awal menyusui.

BACA JUGA:Kuaifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Indonesia Sementara Unggul 2-0 atas Vietnam

Bagi ibu yang mengalami gagal puting dan tetap ingin memberikan ASI eksklusif,  memberi ASI perah (ASIP) menjadi solusinya.  Namun, penggunaan alat bantu pemberian ASIP yang tidak tepat  juga dapat memperparah bingung puting.  

BACA JUGA:Doa Orang Berpuasa Mustajab

Mengapa Memberi ASIP Perlu Diperhatikan?

1. Mencegah Bingung Puting Semakin Parah: Penggunaan dot yang terlalu dini atau terlalu sering dapat membuat bayi lebih nyaman menghisap dot daripada puting ibu. 

Ini dapat memperparah bingung puting.

2. Menjaga Efektivitas Menyusui: Menyusui langsung tidak hanya memberikan nutrisi, tetapi juga menguatkan ikatan (bonding) ibu dan bayi. 

Memberi ASIP dengan cara yang salah dapat mengurangi kesempatan menyusui langsung di kemudian hari.

Cara Aman Memberi ASIP pada Bayi dengan Gagal Puting:

1. Alat Bantu yang Tepat: Hindari penggunaan dot. Pilihlah alat bantu yang tidak menyerupai puting, seperti sendok, cup feeder, pipet, atau spuit.

2. Teknik Memberi ASIP: Jangan biarkan ASIP mengalir deras ke mulut bayi. Kontrol aliran ASIP dengan alat bantu yang dipilih. Biarkan bayi mengatur kecepatan menghisapnya.

3. Laktasi Konsultan: Jika bingung puting parah, konsultasikan dengan dokter atau konselor laktasi

Sumber: