Antusiasme Tinggi, Pendaftaran Mudik Gratis Offline Diserbu Calon Pemudik

Antusiasme Tinggi, Pendaftaran Mudik Gratis Offline Diserbu Calon Pemudik

Antusiasme tinggi calon pemudik mendaftar secara offline di Dinas Perhubungan Jatim.-Arif Alfiansyah-

SURABAYA, MEMORANDUM - Masyarakat menyambut positif program mudik gratis yang diselenggarakan pemerintah maupun pihak swasta.

Hal ini terlihat dari antusiasme tinggi para calon pemudik yang rela datang pagi-pagi untuk mendaftar secara offline di Dinas Perhubungan Jatim, di Jalan Ahmad Yani nomor 268 Surabaya.

BACA JUGA:Jasa Raharja Jatim: Angka Korban Kecelakaan Arus Mudik-Balik Idulfitri 2023 Turun

Pantauan memorandum.disway.id, pendaftaran offline program mudik gratis Dishub Jatim diserbu calon pemudik pada Selasa, 26 Maret 2024 pagi. Bahkan calon pemudik rela datang di Kantor Dishub Jatim sejak pukul 03.50 WIB.

BACA JUGA:5.143 Warga Jatim Ikuti Program Balik Mudik Gratis, Kapolda: Semoga Memberikan Manfaat

Para calon pemudik dengan tujuan berbagai daerah itu berniat untuk pulang ke kampung halaman dalam massa libur lebaran. Karena tidak ingin kehabisan tiket mereka rela datang lebih dulu meski pendaftaran via operator di kantor Dishub Jatim belum dibuka.

BACA JUGA:Kapolda Jatim Berangkatkan 112 Bis Mudik Balik Gratis Bagi Masyarakat

Meski demikian tidak tampak menyurutkan semangat para calon pemudik ini untuk mendapatkan tiket mudik Lebaran. Mereka rela antre menunggu di area pedestrian depan kantor dishub lantaran pada saat itu gerbang utama masih tertutup dan suasana masih gelap.

BACA JUGA:Gubernur Jatim Wujudkan Mudik Lebaran 2023 Aman dan Berkesan

"Saya takut kehabisan kouta, jadi rela datang pagi pagi. Semoga nanti masih kebagian tiket, "kata Ahmad calon pemudik.

Ahmad tidak sendirian, ia bersama calon pemudik lainnya datang pagi hari untuk bisa mendapatkan tiket mudik lebaran. Ahmad mengaku mudik gratis ini bisa menghemat biaya.

BACA JUGA:Jelang Operasi Ketupat Semeru, Gubernur Jatim Tekankan Pemudik Tertib Berlalulintas

"Ya alhamdulillah bisa pulang kampung gratis, " jelasnya.

Tingginya antusias masyarakat Jatim untuk mudik Lebaran tahun ini mendorong Dinas Perhubungan Provinsi Jatim menambah kuota armada bus pada program mudik gratis 2024.

"Pemerintah provinsi menambah armada untuk mudik gratis antar kota/kabupaten dalam provinsi," ujar Nyono, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jatim, Selasa, 26 Maret 2024.

BACA JUGA:Polda Jatim Siapkan Timsus Antisipasi Macet dan Kecelakaan Arus Mudik

Penambahan kali ini sebanyak enam armada bus. Rinciannya, tiga bus jurusan Surabaya-Ponorogo, dua bus jurusan Surabaya-Pacitan, dan satu bus jurusan Surabaya-Trenggalek. Penambahan ke rute tersebut dilakukan karena tingginya antusiasme masyarakat.

Pendaftaran untuk kuota tambahan ini dibuka mulai hari ini, Selasa, 26 Maret 2024, secara offline di kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jatim.

BACA JUGA:Forkopimda Jatim Jamin Arus Mudik Lebaran Berjalan Aman

Pada program mudik gratis tahun 2024 ini, Dishub Jatim menyediakan 90 bus dengan total 3.600 kursi untuk menjangkau 20 kabupaten/kota di Jatim.

Selain mudik gratis dalam provinsi, Pemprov Jatim juga menyediakan mudik gratis dari Jakarta dengan kuota 1.480 kursi. Sebanyak 23 bus akan digunakan untuk mudik dan 14 bus untuk mudik balik. (*)

Sumber: