Jalan Prambon Diperbaiki

Jalan Prambon Diperbaiki

Perbaikan jalan rusak Prambon, Kabupaten Sidoarjo. -Biro Sidoarjo-

SIDOARJO, MEMORANDUM - Satu per satu jalan rusak di Kabupaten Sidoarjo dikebut pengerjaannya. Hal ini guna kelayakan jalan untuk masyarakat dan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sidoarjo. 

BACA JUGA:39 Ruas Jalan Diperbaiki Pemkab Sidoarjo

Perbaikan Jalan Prambon sebelah PT Pabrik Kertas Indonesia (PT Pakerin) dilakukan mulai Jumat 22 Maret 2024.

BACA JUGA:Perbaikan Jalan Rusak di Sidoarjo Dikebut

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor) mengatakan  jalan rusak yang akan diaspal di sebelah PT Pakerin tersebut panjangnya 100 meter dengan lebar 8 meter. 

BACA JUGA:Pohon Pisang Ditanam di Jalan Rusak Dibersihkan

Ia meminta pengaspalan jalan rusak ini benar-benar dilakukan sesuai standar operasional prosedur (SOP) pengaspalan jalan yang baik. 

BACA JUGA:Warga Sidoarjo Keluhkan Jalan Rusak

"Saya minta pengaspalannya harus benar-benar yang baik kualitasnya, standarnya yang bagus, dengan ketebalan yang sesuai untuk jalan raya yang dilalui oleh kendaraan bermuatan berat," katanya, Minggu 24 Maret 2024.

Gus Muhdlor menambahkan, pengaspalan Jalan Prambon ini ditinggikan setebal 20 sentimeter untuk jalan yang lebih kuat dan tahan lama. 

"Jika pada prosedur pengaspalan, ada 3 lapisan di antaranya lapisan pondasi bawah dengan minimal ketebalan 6 sentimeter. Lapisan pondasi atas minimal setebal 5 sentimeter, dan lapisan pondasi paling atas yaitu minimal setebal 4 sentimeter," urainya. 

"Jadi untuk jalan Prambon ini dengan ketebalan 20 sentimeter sudah cukup baik dan kuat karena standarnya adalah 15 sentimeter," tambahnya. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (PUBMSDA) Kabupaten Sidoarjo mengatakan, sejak Jumat lalu sudah dilakukan pengerjaan pengaspalan di Jalan Prambon sebelah PT Pakerin ini. 

"Saat ini sudah masuk tahap urugan pekerjaan lapis pondasi agregat kelas A (LPA). Langkah ini dilakukan sebelum melakukan pengaspalan dengan spesifikasi beton," ujarnya. 

Sumber: