Rem Blong, Bus Pariwisata Seruduk 4 Rumah, Motor, dan Truk

Rem Blong, Bus Pariwisata Seruduk 4 Rumah, Motor, dan Truk

Kondisi Bus Pariwisata Sinar Dempo yang menabrak truk jalan raya Dusun Krajan, Desa Klampok, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.-Biro Malang Raya-

MALANG, MEMORANDUM - Bus Pariwisata Sinar Dempo yang disopiri Charles Nainggolan (38), warga Kampung Purwoasri, Sumatra Selatan, mengalami kecelakaan di jalan raya Dusun Krajan, Desa Klampok, Kecamatan Singosari Kabupaten Malang, Rabu, 20 Maret 2024.

Kondisi jalan yang menurun membuat bus yang dalam kondisi rem bong melaju tak terkendali. Akibatnya bus menabrak 4 rumah, pejalan kaki, motor dan baru berhenti setelah menabrak truk yang terparkir di tepi jalan.

BACA JUGA:Kapolres Malang Pimpin Sertijab Kasatreskrim dan Kasatlantas

"Kejadian itu tepatnya sekitar pukul 13.00 WIB. Akibat kejadian tersebut menimbulkan korban jiwa satu orang dan korban luka 7 orang termasuk sopirnya," terang Kanitlaka Satlantas Polres Malang Iptu Joko Taruna, Rabu, 20 Maret 2024.

Joko mengungkapkan, padahal berdasarkan keterangan saksi (sopir) sekitar pukul 12.30 WIB, bus yang disopiri baru saja diambil dari bengkel Kebonjati untuk dilakukan perbaikan. Saat melaju pada jalan raya tidak ada kendala, akan tetapi saat melawti jalan menurun rem tidak berfungsi sebagai mana mestinya.

BACA JUGA:Bangun Kesadaran Masyarakat Satlantas Polres Malang Ciptakan Kampung Tertib Lalin

Akibatnya bus melaju kencang dan tidak terkendali, sopir berusaha untuk menghentikan dengan menabrakkan rumah pada bagian depan. Karena kondisi jalan yang menurun dan bus terlanjur kencang, meski sudah ditabrakkan rumah warga pada bagian depan kondisinya tetap melaju kencang.

"Otomatis apa yang ada di depannya ditabrak termasuk satu orang pejalan kaki dan motor," kata, Joko.

Akhirnya bus bisa berhenti setelah menabrak truk yang terpakir yang bermuatan galon air di depan Kantor Desa Klampok. Akibat kejadian itu bus, truk dan motor ringsek.

BACA JUGA:Satlantas Polres Malang Tetapkan Sopir Bus PO Tentrem Sebagai Tersangka

Korban yang meninggal dunia atas nama Dhita Farikha Aprilia (29), warga Krajan RT 03/RW 02, Desa Klampok, Kecamatan Singosari. Sedangkan korban luka berat atas nama Agus Efendi (31), warga Krajan RT 03/RW 02, Desa Klampok; Charles Nainggolan, sopir alami luka sedang’ Diki Wahyu, warga RT 06/RW 12, Desa Ardimulyo menderita luka ringan; Arif Dwi Efendi, warga RT 03/RW 06, Desa Klampok alami luka ringan; dan Thamara Alicia, warga RT 03/RW 02, Desa Klampok alami luka berat.

BACA JUGA:Satlantas Polres Malang Gencar Edukasi Keselamatan Berlalulintas

"Semua korban menjalani perawatan pada Rumah Sakit Prima Husada Singosari," imbuh Joko.

BACA JUGA:Satlantas Polres Malang Ajak Siswa Tertib Berlalulintas

Setelah dilakukan evakuasi oleh petugas, lanjut Joko, terhadap para korban, saat ini petugas melakukan pendalaman atas kejadian yang telah berlangsung. Disamping meminta keterangan dari saksi yang mengetahui atas kejadian tersebut. (*)

Sumber: