Antisipasi Cuaca, Polresta Malang Gelar Simulasi Penanganan Bencana

Antisipasi Cuaca, Polresta Malang Gelar Simulasi Penanganan Bencana

Pelaksanaan pengecekan serta simulasi kebencanaan.--

MALANG, MEMORANDUM-Polresta Malang Kota menggelar apel pasukan dalam penanggulangan bencana hidrometeologi, di halaman Mapolresta Malang Kota, Rabu 20 Maret 2024.

Gelar pasukan tersebut, sekaligus untuk simulasi penanganan potensi bencana. Terutama, hidrometerologi yang mungkin bisa terjadi. Sekaligus, dilakukan pengecekan sejumlah peralatan penanganan bencana.

"Hari ini, dilakukan pengecekan peralatan penanganan bencana. Mulai banjir, tanah longsor, pohon tumbang, kebakaran termasuk konsleting listrik dan lainya," terang Wakapolresta Malang Kota, AKBP Apip Ginanjar ditemui, usai memimpin upacara gelar pasukan, Rabu 20 Maret 2024.

BACA JUGA:Merajut Silaturahmi dalam Semarak Arabian Night Archipelago East Java

Ia menambahkan, saat ini cuaca tidak mudah untuk diprediksi. Kadang panas terik, namun juga kadang hujan lebat. Bahkan, bisa disertai angin yang kencang. Hal itu memungkinkan terjadinya pohon tumbang, dan dirasa masih membahayakan masyarakat.

BACA JUGA:Pengagas Kanjuruhan Street Race Dapatkan Penghargaan dari Kapolres Malang

"Pelatihan dan simulasi ini, untuk berbagai kemungkinan bencana yang terjadi. Para anggota, harus bisa disaat dibutuhkan sewaktu waktu," lanjutnya.

Karena itu, tambah Wakapolresta, dihadirkan juga dari pihak PMK, BPPD, DLH, PLN dan lainya. Sehingga bisa memberikan materi untuk penanganan lebih cepat.

Disinggung kenapa simulasi penanganan kebencanaan tidak di awal musim hujan, Apip menyebut, hal itu dilakukan secara kontinyu.

"Di awal musim hujan kemarin, juga sudah dilakukan. Ya secara kontinyu, terlebih untuk anggota baru," pungkasnya. 

Dalam kesempatan itu, dipraktekan cara memotong kayu menggunakan gergagi. Dengan berbagai teknis sekaligus potensi yang terjadi dari beragam model pemotongan pohon. (edr)

Sumber: