Patroli Perairan, Satpolairud Polres Situbondo Terus Ingatkan Nelayan Wajib Bawa Alat Keselamatan

Patroli Perairan, Satpolairud Polres Situbondo Terus Ingatkan Nelayan Wajib Bawa Alat Keselamatan

Personel Satpolairud Polres Situbondo mengingatkan nelayan agar tetap menyiapkan alat keselamatan.-Biro Situbondo-

SITUBONDO, MEMORANDUM - Satpolairud Polres Situbondo tak bosan mengingatkan nelayan dan masyarakat di pesisir Pantai Kabupaten Situbondo agar tetap menyiapkan alat keselamatan dikarenakan dalam beberapa hari terakhir situasi wilayah perairan laut Situbondo sering terjadi hujan disertai angin kencang, Selasa, 19 Maret 2024.

BACA JUGA:Satpolairud Polres Situbondo Larang Nelayan Melaut karena Cuaca Ekstrem 

Banyak nelayan yang lalai tidak memperhatikan alat keselamatan saat melaut atau mencari ikan menjadi penyebab keselamatannya terancam saat saat ditengah laut bertemu dengan cuaca ekstrem baik angin kencang maupun gelombang tinggi yang saat ini masih terjadi di perairan Situbondo.

BACA JUGA:Satpolairud Polres Situbondo Selamatkan Nelayan di Tengah Laut Akibat Kapal Karam 

Hal itu menjadi dasar, Binmas Perairan yang dipimpin Kasatpolairud AKP Gede Sukarmadiyasa terus proaktif turun ke masyarakat untuk mengingatkan, mengimbau pentingnya keselamatan kerja. Salah satunya dengan membawa Life Jaket (pelampung) maupun Ring Lifebuoy yang dapat membantu menyelamatkan diri saat terjadi kecelakaan laut atau saat ada kerusakan pada mesin kapal.

BACA JUGA:Satpolairud Polres Situbondo Sapu Bersih Sampah Laut 

Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto SH SIK MH melalui Kasatpolairud AKP Gede Sukarmadiyasa mengatakan kegiatan Binmas Perairan ini dilakukan sebagai bentuk upaya untuk mencegah kecelakaan di laut dengan memberikan imbauan kepada masyarakat nelayan.

BACA JUGA:Satpolairud Polres Situbondo standby-kan Kapal Polisi di Tempat Wisata Pasir Putih  

Kesiapan sarana keselamatan terhadap diri sendiri saat menangkap ikan adalah hal yang sangat penting, maka anggota Satpoairud selalu menekankan kepada para nelayan untuk selalu membawa sarana untuk menyelamatkan diri saat terdapat gangguan karena cuaca.

BACA JUGA:Nataru, Satpolairud Polres Situbondo Siagakan 5 Kapal 

Yang tidak kalah penting juga membawa alat komunikasi sehingga saat mesin rusak atau gangguan pada lambung kapal dapat menghubungi keluarga atau aparat dan memberitahukan posisi sehingga cepat melakukan pertolongan.

BACA JUGA:Satpolairud Polres Situbondo Monitoring Penumpang Kapal di Pelabuhan Jangkar 

“Tidak henti–hentinya Kami dari Satpolairud Polres Situbondo terus mengingatkan kepada nelayan akan pentingnya keselamatan dalam berlayar. Ini sebagai bentuk pelayanan Polri kepada masyarakat," katanya.

BACA JUGA:Tim SAR Gabungan Satpolairud Polres Situbondo Selamatkan 3 ABK KLM Tunas Abadi 

Kegiatan seperti ini terus dilakukan anggota patroli Satpolairud untuk memberikan rasa aman dan pesan-pesan Kamtibmas khususnya kepada masyarakat pesisir.

BACA JUGA:Satpolairud Polres Situbondo bersama Tim SAR Evakuasi Awak Servis Boat Karam di Perairan Mangaran 

"Patroli ini untuk memberikan rasa aman masyarakat sehingga terciptanya situasi yang aman dan kondusif di daerah pesisir pantai," pungkasnya. (*)

Sumber: