Jelang Idulfitri 1445 H, BI dan Perbankan Layani Penukaran Uang

Jelang Idulfitri 1445 H, BI dan Perbankan Layani Penukaran Uang

BI Malang berkolaborasi dengan perbankan siap melayani penukaran uang pada masyarakat. -Biro Malang Raya-

MALANG, MEMORANDUM - Memenuhi kebutuhan masyarakat menyambut Ramadan dan Idulfitri 1445 H, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang bekerja sama dengan perbankan membuka layanan penukaran uang baru.

BACA JUGA:Dorong Pemulihan Ekonomi, Deputi Gubernur Bank Indonesia Sampaikan Penguatan Sinergi

Jumlah uang yang disiapkan oleh Bank Indonesia Malang berjumlah Rp 4,69 triliun, naik 1,73 persen dari realisasi tahun 2023 sebesar Rp 4,61 triliun. Secara nasional jumlah uang yang disediakan tahun ini sebesar Rp 197,6 triliun, meningkat 4,65 persen dari tahun sebelumnya.

BACA JUGA:Hingga Akhir Mei 2023, OJK Malang Terima 373 Pengaduan Perbankan

Kepala Kantor Perwakilan BI Malang Febrina secara resmi me-launching pelaksanaan penukaran uang yang dikemas dengan acara bertajuk ‘Kick Off SERAMBI Semarak (Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri) 2024, Layanan Penukaran Uang Selama Ramadan 2024’, di Kantor Perwakilan BI Malang, Selasa 19 Maret 2024.

BACA JUGA:Pulihkan Ekonomi, Kuatkan Peran Perbankan Syariah

“Layanan penukaran uang yang disiapkan oleh Bank Indonesia Malang pada tahun ini terdiri dari layanan kas keliling, layanan penukaran terpadu, layanan penukaran di outlet perbankan, layanan penukaran di outlet perbankan,” sebutnya.

BACA JUGA:Hindari Upal, BI Malang Buka 122 Titik Penukaran Uang Baru

Dalam keterangan tertulis KPw BI Malang menyebutkan Layanan kas keliling oleh BI Malang dilakukan secara retail dan wholesale sebanyak 17 kali mulai 19 Maret-4 April 2024.

Masyarakat yang akan melakukan penukaran melalui kas keliling diimbau melakukan pemesanan melalui aplikasi PINTAR (https://pintar.bi.go.id). Informasi jadwal dan titik lokasi layanan kas keliling dapat dilihat melalui media sosial Bank Indonesia Malang.

BACA JUGA:Jelang Idulfitri, BI Malang Buka Layanan Tukar Uang Baru di 109 Lokasi

Sedangkan, layanan penukaran terpadu, BI bersama dengan 8 bank umum di Kota Malang akan melaksanakan penukaran uang terpadu di Gedung Kartini, Kota Malang pada 28 Maret 2024 dengan kuota yang disediakan untuk 3.000 penukar. Penukaran menggunakan scan KTP, untuk 1 orang hanya diperbolehkan menukar maksimal sebesar Rp 3,8 juta.

BACA JUGA:BI Malang Siapkan Rp 4,6 T, Tukar Uang Baru, Ini Jadwalnya

Untuk layanan penukaran di outlet perbankan, difasilitasi penukaran melalui outlet perbankan oleh 42 bank dengan jumlah titik layanan sebanyak 63 outlet di wilayah kerja KPw BI Malang. Layanan ini melalui outlet perbankan untuk masyarakat pada tanggal 1-4 April 2024, hari kerja. Adapun informasi lokasi kantor bank dapat dilihat melalui media sosial Bank Indonesia Malang.

BACA JUGA:BI Malang dan Komisi IX DPR RI Gelontor Bantuan PSBI

Dalam pelaksanaan SERAMBI (Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri) 2024, terdapat tiga framework BI dalam melakukan pengelolaan uang rupiah yang dioptimalkan menjelang hari raya, yakni pertama ketersediaan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya, kedua sistem distribusi uang yang efisien dengan layanan kas prima dan ketiga adalah penyiapan infrastruktur yang handal.

BACA JUGA:BI Malang Dukung Pembiakan Sapi Potong

Bank Indonesia juga terus mengajak masyarakat untuk selalu ‘Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah’ yang ditunjukkan dengan cara merawat Uang Rupiah, bangga menggunakan Uang Rupiah, dan Paham Rupiah dengan berbelanja secara bijak yang selaras dengan tema SERAMBI pada Ramadan/Idulfitri yakni ‘Serambi Rupiah Ramadan: Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah’.

Mendorong kelancaran sistem pembayaran, BI juga mendorong masyarakat untuk mengoptimalkan transaksi pembayaran secara non tunai termasuk penggunaan QRIS untuk transaksi retail, serta mendorong penyedia jasa pembayaran (PJP) untuk mempersiapkan infrastruktur guna menghadapi peningkatan transaksi selama Ramadan dan Idulfitri 1445 H. (*)

Sumber: