Pengagas Kanjuruhan Street Race Dapatkan Penghargaan dari Kapolres Malang

Pengagas Kanjuruhan Street Race Dapatkan Penghargaan dari Kapolres Malang

Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana menyerahkan penghargaan kepada penggagas Street Race Kanjuruhan.--

MALANG, MEMORANDUMKanjuruhan Street Race merupakan acara yang digagas untuk mengurangi angka kecelakaan yang menimbulkan fatalitas. Karena Kanjuruhan Street Race merupakan wadah bagi kaum muda yang suka berolah raga dengan menggunakan motor.

Mereka selama ini menggunakan jalan raya sebagai lokasi penyaluran bakatnya, hal itu dianggap cukup berbahaya karena masih banyak pengguna jalan lainnya pada jalur tersebut. 

"Maka dari itu kami mewadahi mereka dengan menggunakan areal luar stadion Kanjuruhan untuk Street race setiap sabtu malam," terang Andika Fajar Kurniawan selaku pengurus IMI kabupaten Malang, Selasa (19/3/2024).

BACA JUGA:Produsen dan Pembeli Dibekuk, Sudah Edarkan Upal Rp 55 Juta di Surabaya-Malang

Andika mengungkapkan, kegiatan tersebut disamping menampung para kaum muda, yang biasanya melakukan balap liar dengan adanya Kanjuruhan Street Race cukup senang. Pasalnya mereka tetap bisa menyalurkan bakatnya, dengan rasa aman dan nyaman tanpa harus was-was.

BACA JUGA:Kakanim Malang: Dukung Harmonisasi Pemerintah dan Media Massa

"Pada kegiatan itu tidak hanya dari malang raya saja, akan tetapi juga kota-kota di sekitar Malang seperti Blitar, Pasuruan mereka juga ikut geber motornya di Kanjuruhan Street Race," kata, Andika.

Andika juga menambahkan, perlu diketahui bahwa pada Kanjuruhan Street Race tidak ada perjudian, juga tidak ada hadiah yang diperebutkan. Pada Kanjuruhan Street Race hanya merupakan ajang, adu mekanik dalam memodifikasi motor yang hasilnya tertuang dalam arena kanjuruhan Street Race.

Kegiatan yang digagas IMI nampaknya mendapat atensi yang positif dari Kapolres Malang, hal itu dibuktikan dengan diberinya penghargaan bagi pengurus IMI kabupaten Malang. Pemberian penghargaan tersebut berlokasi dihalaman Mapolres Malang, yang dikemas pada upacara pemberian penghargaan.

"Kami sangat berterima kasih pada AKBP Putu Kholis Aryana Kapolres Malang, yang telah memberikan penghargaan atas kegiatan Kanjuruhan Street Race," imbuh Andika.

Pemberian penghargaan kepada personel Polri serta masyarakat, yang telah turut berperan serta dalam upaya menjaga keselamatan berlalu lintas. Pasalnya saat ini Polres Malang lagi getol- getolnya, melakukan sosialisasi dalam rangka menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk tertib berlalulintas.

Kapolres Malang menganggap Kanjuruhan Street Race, patut mendapatkan penghargaan karena mendukung program Polres Malang. Maka pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kabupaten Malang, layak menerimanya yaitu Andika Fajar Kurniawan dan Dony DKMS. 

"Kanjuruhan Street Race merupakan wadah yang sangat baik untuk hilangkan stigma balap liar yang mengganggu dan membahayakan pengguna jalan lain," ungkap AKBP Putu Kholis Aryana Kapolres Malang.

Upaya pendekatan pada komunitas atau pemuda yang memiliki minat di bidang adu kecepatan, oleh IMI telah dilakukan sejak bulan Desember. Pendekatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menemukan solusi yang lebih efektif dalam menangani masalah keselamatan lalu lintas.

Sumber: