Rem Bermasalah, Sopir Tabrakan Truk ke Pohon

Rem Bermasalah,  Sopir Tabrakan Truk ke Pohon

Ilustrasi kecelakaan.--

PASURUAN, MEMORANDUM-Peristiwa kecelakaan lalu lintas terjadi di jalan raya Desa Ngembal, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, Senin (18/3). Dalam kejadian tersebut sopir dump truk fuso Nopol S 9314 UP, Edi (51) diketahui sengaja menabrakkan kendaraannya ke pohon. Hal ini diakui karena kendaraannya alami kerusakan pada bagian pengereman.

Menurut keterangan Kanit Gakkum Satlantas Polres Pasuruan, Iptu Khunaefi, sebelumnya kendaraan dump truk tersebut berjalan dari arah timur dengan kondisi jalan menurun. Beruntung pada saat peristiwa tersebut, ruas jalan penghubung antara Kecamatan Kejayan-Tutur tengah sepi.

BACA JUGA:Sehari Dua Laka Maut di Pasuruan, Ayah dan Anak Balita Meninggal

Edi, sang pengemudi dump truk tersebut terlihat panik. Karena mengetahui sistem pengereman bermasalah. Akhirnya ia memutuskan banting stir ke kanan dengan cara menabrakkan diri ke sebuah tiang penyangga kabel telepon milik PT Telkom. Cepatnya kendaraan menyebabkan, laju kendaraan juga belum terhenti. Sehingga harus masuk parit dan menabrak batang pohon besar di sisi kanan jalan raya tersebut.

BACA JUGA:Jelang Lebaran, Kapolres Pasuruan Cek Kesiapan Mako Polsek Jajaran

"Sistem pengeremannya diakui mengalami kerusakan. Terus laju truk di jalan menurun tidak bisa dikendalikan, akhirnya ditabrakkan ke tiang kabel telepon dan pohon," kata Iptu Khunaefi, Senin (18/3). 

Menurut keterangan salah satu warga, Farid mengatakan, ketika truk menabrak tiang penyangga kabel dan pohon, jalur di kawasan itu sedang lengang. Tidak banyak kendaraan yang lalu lalang. Sehingga, ketika dump truk menabrak tiang dan pohon, kendaraan itu oleh dan masuk parit.  Laju truk langsung terhenti.

"Setelah menabrak tiang telkom, truk masuk parit dan terguling. Sopirnya selamat dan mengalami luka pada bagian kepala ada yang robek," kata Farid.

Satlantas Polres Pasuruan yang mendapatkan laporan segera ke lokasi kejadian. Bersama para personil lainya, ia mengevakuasi korban sopir truk yang mengalami luka. Sopir truk kemudian dievakuasi ke RS Prima Husada untuk mendapatkan pertolongan medis. "Kita lakukan olah TKP mencari penyebab terjadinya kecelakaan," lanjut Khunaefi.

Kecelakaan terjadi berlokasi diantara perkampungan penduduk. Warga di sekitar lokasi kejadian mengatakan di ruas jalan penghubung ke Kecamatan Tutur tersebut memang banyak kendaraan material tambang yang melintas. (kd/mh)

Sumber: