DPUPR Kota Batu Pastikan Kenyamanan Masyarakat Selama Ramadan

DPUPR Kota Batu Pastikan Kenyamanan Masyarakat Selama Ramadan

Kepala DPUPR Kota Batu Alfi Nurhidayat--

BATU, MEMORANDUM - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kota Batu memastikan kenyamanan bagi masyarakat selama bulan Ramadan hingga musim mudik lebaran tahun ini.

Ini dikarenakan juga Kota Batu selama bulan Ramadan ini menjadi pusat kuliner hingga diburu oleh masyarakat lokal maupun wisatawan luar daerah.

Lebih dari itu, DPUPR juga akan siapkan alat berat dan personil reaksi cepat DPUPR Kota Batu menjelang mudik Lebaran. Pihaknya akan menyiapkan beberapa unit armada Dump truck dan Skylift truck yang disiagakan di Balai Kota Among Tani.

Kepala DPUPR Kota Batu Alfi Nurhidayat menyampaikan meski bulan Ramadan tahun ini hampir sama dengan tahun sebelumnya tetapi dimungkinkan ada peningkatan volume masyarakat serta kendaraan pemudik.

BACA JUGA:Pemkot Batu Pastikan Operasi Pasar Murah Tepat Sasaran

BACA JUGA:Pj Wali Kota Batu Kunjungi Pameran Seni

"Tentunya, kami telah menyiapkan segala hal memasuki bulan Ramadan hingga menjelang mudik lebaran nanti," terangnya, Sabtu 16 Maret 2024.

Antara lain yang dilakukan oleh DPUPR, menurut Alfi yaitu memastikan penerangan jalan umum (PJU) menyala terutama saat masyarakat melaksanakan ibadah salat terawih, tadarus sampai ibadah di pagi hari.

"Sebagai bentuk dukungan menciptakan rasa aman dan nyaman bagi pengguna jalan saat Ramadan kami akan pastikan PJU menyala. Begitu juga bagi wisatawan yang ingin mencari kuliner dan berwisata ke Kota Batu,” imbuhnya.

Sedangkan untuk perawatan PJU sendiri, ia mengungkapkan terdapat lebih dari 16 titik PJU rusak. Dengan kerusakan akibat dari faktor usia lampu yang sudah lama terpakai.

“Dalam mengatasi jalan berlubang kami setiap hari menurunkan 3 tim dengan masing-masing jumlah personil antara 5-6 orang. Sehingga setidaknya setiap hari DPUPR mampu menangani tiga titik jalan berlubang di seluruh Kota Batu. Begitu juga pemeliharaan PJU,” ujarnya.

Terkait alat berat yang disiagakan, Alfi menegaskan memasuki cuaca yang ekstreem dalam kondisi tidak menentu maka sangat penting jika disiagakan alat berat.

Yang sangat diwaspadai yaitu apabila sewaktu-waktu ada longsoran tebing jalan seperti di jalan utama Payung ataupun Klemuk yang merupakan jalur penghubung Kota Batu dengan Kabupaten Malang atau Kediri.

"Selain alat berat, DPUPR juga telah melakukan pemeliharaan jalan berlubang. Kami mencatat lebih 25 titik jalan berlubang yang telah diatasi permasalahannya sejak Januari – Maret. Bahkan kami terbuka agar masyarakat melaporkan ada permasalahan jalan berlubang atau PJU mati melalui sosial media," tandasnya.

Sumber: